Ujian SBMPTN dilaksanakan Selasa dan Rabu (18-19 Juni) serentak di seluruh Indonesia.
Depok (ANTARA News) - Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 Panitia Lokal (Panlok) Jakarta diikuti oleh 44.165 peserta yang terdiri dari bidang IPA, IPS dan campuran.

"Ujian SBMPTN dilaksanakan Selasa dan Rabu (18-19 Juni) serentak di seluruh Indonesia," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Farida Haryoko, di Depok, Selasa.

Menurut dia jumlah peserta ujian IPA/Saintek mencapai 17.713 orang, ujian IPS/Soshum 22.755 peserta dan ujian IPC/Campuran 3.697 peminat.

"Terdapat 17 peserta di antaranya penyandang disabilitas dan melaksanakan SBMPTN di Fakultas Hukum Universitas Indonesia," jelasnya.

SBMPTN wilayah Jakarta itu meliputi Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN).

Sedangkan secara nasional serentak di 62 PTN pada Selasa-Rabu (18-19/6) ujian tertulis) dan tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013 untuk ujian keterampilan.

SBMPTN 2013 akan menguji Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) : kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) : kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika).

Selanjutnya Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) : kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi, sedangkan ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

Selain itu juga ada Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.

Universitas Indonesia (UI) tahun ini menerima 4.600 mahasiswa baru. Penerimaan dilakukan melalui beberapa jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan secara nasional.

Serta jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK) yang diselenggarakan oleh panitia lokal UI. Berdasarkan ketentuan, kuota penerimaan jalur SMPTN 50 persen, SBMPTN 30 persen dan SIMAK 20 persen.

"Untuk jalur SMPTN ada 2.300 mahasiswa yang diterima, jalur SBMPTN sebanyak 1.380 mahasiswa dan SIMAK 920 mahasiswa," kata Pejabat Rektor UI Muhammad Anis.

(F006)

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013