Singapura (ANTARA News) - Kejuaraan bulutangkis Singapura Terbuka yang sedianya digelar 18-23 Juni mendatang dipastikan tanpa 11 pemain bintang.

Sebelumnya, juara Olimpiade 2008 dan 2012 Lin Dan asal China, serta pebulutangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia juga sudah lebih menyatakan absen.

Meski beralasan kelelahan, banyak pihak menduga para pemain papan atas sengaja tidak mengikuti Singapura Terbuka karena ingin memfokuskan diri ke kejuaraan yang lebih bergengsi, yaitu kejuaraan dunia 2013 di Guangzhou pada awal Agustus mendatang.

Para pemain yang mengundurkan diri pada menit-menit terakhir akan dikenai denda oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), tapi tidak dijelaskan jumlah denda tersebut.

Tahun lalu, para pemain papan atas dunia juga ramai-ramai mengundurkan diri karena mereka lebih fokus menghadapi Olimpiade London 2012.

Pemain terakhir yang menyatakan mundur adalah unggulan ketiga Sony Dwi Kuncoro asal Indonesia, ganda putri unggulan teratas Wang Xiaoli/Yu Yang, ganda campuran unggulan teratas Xu Chen/Ma Jin dari China, serta tunggal putri unggulan lima Ratchanok Intanon (Thailand).

"Sebagian pemain mungkin butuh istirahat setelah mengikuti turnamen secara beruntun," kata tunggal putri unggulan kedua Saina Nehwal dari India.

"Karena kejuaraan dunia di Guangzhou hanya tinggal satu setengah bulan lagi, tentu mereka mempersiapkan diri sebaik-baiknya," kata Nehwal.

"Anda harus meraih yang terbaik dan tidak ingin memaksakan diri kalau tidak ingin cedera. Jadi lebih baik menjaga kebugaran," katanya menambahkan.

Ketua organisasi bulutangkis Singapura Bobby Lee menyatakan bahwa meski banyak pemain top yang mundur, penonton masih tetap antusias membeli tiket.

Untuk menghindari agar pada tahun depan tidak banyak pemain yang mengundurkan diri di kejuaraan berhadiah total 200.000 dolar itu, panitia akan memajukan jadwal menjadi awal tahun.

"Pada musim kompetisi 2014-2017, kami akan menggelar kejuaraan bersamaan dengan India dan kami lebih berpeluang untuk mendatangkan pemain top, bukan setelah kejuaraan besar Indonesia Terbuka," kata Lee.

Du Pengyu, pemain China yang secara mengejutkan disingkirkan non-unggulan Dionysius Hayom Rumbaka di Indonesia Terbuka minggu lalu, menjadi unggulan pertama di tunggal putra.

Sementara rekan senegaranya juara Olimpiade London 2012 Li Xuerui yang baru saja menjuarai Indonesia Terbuka, juga menempati urutan teratas di nomor tunggal putri.

(A032)