Kemenangan ini akan menjadi modal anak-anak lebih percaya diri setelah pada pertandingan sebelumnya dikalahkan oleh Persik Kendal 2-1,"
Batang (ANTARA News) - Persibat Kabupaten Batang, Jawa Tengah, berhasil melibas PS Serang Jaya Banten dengan skor 5-0 pada laga Kompetisi Divisi I Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) PSSI di Stadion M. Sarengat Batang, Selasa sore.

Pesta gol Persibat tersebut diciptakan oleh Hapidin pada menit 36, Fajar Fitri Adinata menit 45, Nova Zaenal menit 56, Maskur Idris menit 69, dan Marten Ayomi menit 81.

Persibat yang pada pertandingan sebelumnya mengalami kekalahan 2-1 dari Persik Kendal, sejak menit awal babak pertama pertandingan, langsung menggebrak barisan lini belakang PS Serang Jaya yang dijaga oleh Dimiyati, Mahmudi, Alistian, dan Diki Kamaludin.

Namun kedisiplinan para pemain PS Serang Jaya menjaga posisi lini belakang dan tengah membuat serangan Persibat selalu kandas.

PS Serang Jaya yang mendapat tekanan dari Persibat berusaha bangkit dengan melakukan serangan balik ke lini belakang tim berjuluk "Laskar Banteng Alas Roban" itu.

Pemain Persibat Hapidin akhirnya mampu menceploskan bola ke gawang PS Serang Jaya yang dijaga oleh Sofan pada menit 36 dengan memanfaatkan umpan terobosan ke lini belakang tim lawan.

PS Serang yang tertinggal 1-0 berusaha membalas kekalahannya, tetapi upaya tim besutan Jaja Mulyadi itu selalu kandas.

Bahkan Persibat mampu menambah skor menjadi 2-0, setelah Fajar Fitri memanfaatkan umpan datar di lini kotak penalti dan menceploskan bola ke gawang lawan pada menit 45.

Hingga babak pertama usai, dalam pertandingan yang dipimpin wasit A.R. Salasa berasal dari DKI Jakarta itu, kedudukan tetap 2-0.

Memasuki babak kedua, Persibat langsung menggebrak PS Serang Jaya melalui lini tengah dan posisi kanan sehingga serangan tim asuhan Sesi Kirono sempat beberapa kali mengancam gawang tim lawan yang dijaga oleh Sofan.

Serangan tim berjuluk "Laskar Banteng Alas Roban" itu, akhirnya kembali membuahkan hasil setelah salah satu pemain PS Serang Jaya melakukan "handsball" di kotak penalti.

Nova Zaenal yang menjadi eksekutor mampu menceploskan bola ke gawang PS Serang Jaya sehingga kedudukan berubah menjadi 3-0.

Meski sudah sempat unggul 3-0, belum menyurutkan pemain Persibat untuk menambah kedudukan dengan terus menekan barisan lini belakang PS Serang Jaya.

Akibat serangan yang bertubu-tubi dari Persibat, penjaga gawang PS Serang Jaya Sofan harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kemasukan bola.

Persibat akhirnya kembali menambah kedudukan 4-0 pada menit 69, setelah Maskur Idris melalui tendangan kaki kanannya menembus jala PS Serang Jaya.

Persibat menutup kemenangan menjadi 5-0, setelah pada menit 81, Marten Ayomi mampu memanfaatkan umpan bola lambung dan menceploskan bola ke gawang PS Serang Jaya.

Pelatih Persibat Sesi Kirono mengatakan bahwa kemenangan itu akan menjadi motivasi para pemainnya pada pertandingan selanjutnya.

"Kemenangan ini akan menjadi modal anak-anak lebih percaya diri setelah pada pertandingan sebelumnya dikalahkan oleh Persik Kendal 2-1," katanya.

Menurut dia, seharusnya Persibat mampu menceploskan bola ke gawang lawan lebih dari lima kali, tetapi sejumlah peluang itu belum bisa dimanfaatkan secara matang oleh pemain depan.

"Meski puas dengan hasil pertandingan, kami akan melakukan evaluasi lagi terhadap para pemain, khususnya pada masalah `finishing`," katanya.

Pelatih PS Serang JayaJaja Mulyadi mengakui timnya masih kalah kualitas dengan para pemain Persibat dan Persekap Pekalongan.

"Jujur saja, kami kalah kualitas dengan Persibat karena jadwal persiapan pembentukan timnya juga mepet. Kami baru membentuk tim seminggu sebelum pelaksanaan kompetisi Divisi I dimulai," katanya.

(KR-KTD/M029)

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013