Hanya dengan Rp50 ribu hingga Rp150/orang, para pengunjung akan diajak berkeliling danau Sentani hingga puas.
Sentani (ANTARA News) - Festival Danau Sentani (FDS) 2013 menyuguhkan sejumlah paket wisata mengelilingi Danau Sentani, diantaranya berkeliling ke kampung sekitarnya.

"Di antaranya berkeliling ke kampung sekitar seperti kampung Ayapo, Asei Kecil, Abar dan kampung Ayapo," kata Andre Liem koordinator paket tur wisata Danau Sentani FDS 2013.

Menurutnya dalam paket tur wisata keliling Danau Sentani di FDS 2013, para pengunjung akan diajak berkeliling melihat-lihat sejumlah keindahan danau tersebut dan akan mengunjungi sejumlah kampung yang ada di dalam danau.

"Hanya dengan Rp50 ribu hingga Rp150/orang, para pengunjung akan diajak berkeliling danau Sentani hingga puas," katanya.

Pria berambut panjang tersebut juga menyampaikan di hari pertama FDS pada Rabu kemarin, animo para pengunjung yang ingin berswisata keliling danau Sentani cukup banyak sehingga pihaknya sempat kewalahan untuk mengaturnya.

"Di hari pertama kemarin para pengunjung yang berwisata danau Sentani diajak keliling melihat kampung terdekat seperti melihat kampung Ayapo dan berkunjung ke Kampung Asei Kecil. Dimana di Kampung Asei kecil para pengunjung bisa melihat warga setempat membuat suvenir dari kulit kayu," katanya.

Ia mengatakan suvenir kulit kayu khombouw harganya cukup terjangkau mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu rupiah, "Jika ukuran kartu pos hanya Rp5 ribu, tapi kalau kulit kayu yang sudah ada lukisan diatasnya bisa mencapai ratusan ribu," katanya berpromisi.

Lebih lanjut Andre Liem sampaikan bahwa selama lima hari pelaksanaan FDS 2013 dari 19 Juni - 23 Juni, wisata keliling Danau Sentani menyuguhkan sejumlah paket. "Dan hari ini para pengunjung diajak mengunjungi kampung Ajau di Ifar Besar, di sana ada prosesi adat pembayaran harta kepala antara dua klen yaitu Awaitauw dari Puay dengan suku Yoku dari Ifar Besar," katanya.

Dan dihari ketiga dan keempat, paket tur wisata danau Sentani akan mengajak para pengunjung untuk melihat lebih dekat proses pembuatan gerabang di kampung Abar, Distrik Ebungfauw.

"Di hari ketiga, para pengunjung akan diajak berkeliling kearah Sentani Tengah yakni di Kampung Abar melihat pembuatan gerabah yang telah ada sejak turun-temurun. Lalu di hari keempat, akan berkeliling kearah Kampung Puay," katanya.

Pantauan ANTARA di lokasi FDS 2013, wisata Danau Sentani selain yang disuguhkan oleh panitia ada juga warga setempat yang menyediakan jasa keliling Danau Sentani dengan menggunakan perahu motor.

Anis DW salah seorang pengunjung FDS 2013 mengaku senang karena bisa berwisata keliling Danau Sentani sepuasnya. "Di sini para pengunjung bisa memilih, ada paket tur wisata yang diadakan oleh panitia FDS 2013 atau mau ikuti wisata danau Sentani kampung terdekat yang dilakukan oleh warga masyarakat setempat," katanya.

Menurutnya, wisata keliling Danau Sentani ke kampung terdekat dengan menggunakan perahu motor milik masyarakat setempaty harganya cukup terjangkau. Hanya dengan merogoh Rp10 ribu, para pengunjung diajak berkeliling melihat kampung-kampung yang ada di tepian Danau Sentani. "Pokoknya asyik, kita diajak melihat kampung-kampung dipinggiran danau Sentani," kata warga BTN Puskopad Sentani itu.

Pesta budaya tahun 2013 ini berlangsung dalam waktu lima hari yaitu sejak tanggal 19-23 Juni 2013 di Pantai Wisata Khalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Papua.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013