Selama Lebaran 2013 akan terjadi kenaikan trafik semua layanan seluler, baik voice, SMS, dan terutama data/internet. Untuk itu XL siap melipatmenggandakan kapasitas jaringan,"
Solo (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk siap mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2013 yang diperkirakan meningkat 20--30 persen dari trafik normal sehari-hari.

"Selama Lebaran 2013 akan terjadi kenaikan trafik semua layanan seluler, baik voice, SMS, dan terutama data/internet. Untuk itu XL siap melipatmenggandakan kapasitas jaringan," kata Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir, di sela "XL Network Rally" di Solo, Jateng, Kamis.

Menurut Agus, layanan voice diproyeksikan melonjak antara 5--10 persen, SMS naik 10--15 persen, sedangkan data terangkat 20--30 persen dari hari biasa.

Ia menjelaskan, saat ini XL melayani trafik percakapan (voice) hingga 600 juta menit per hari.

Saat yang bersamaan trafik SMS mencapai 750 juta SMS per hari, dan trafik layanan data mencapai 185 Terabytes.

Pada kesempatan itu XL melakukan uji jaringan di sepanjang jalur Solo-Sragen-Madiun-Ngawi-Ponorogo untuk memastikan kualitas layanan XL dapat berfungsi dengan baik.

Uji coba digelar secara langsung dengan menyertakan awak media dan pegiat jejaring sosial, seperti blogger menyusuri daerah yang menjadi kantong-kantong pemudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu.

Agus menjelaskan, perangkat uji sinyal yang sesuai dengan standar regulasi dipasang di kendaraan, meliputi pengukuran kualitas layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service), dan data (internet dan BlackBerry).

Uji kesiapan jaringan juga dilakukan di sejumlah jalur lainnya, meliputi Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya menggunakan moda transportasi melalui jalur darat.

Sedangkan uji coba menggunakan kereta api dilakukan pada jalur Jakarta-Semarang, serta jalur penyeberangan laut menggunakan ferry pada Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk.

Agus menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan XL didukung teknologi canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional.

Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

"Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 3 tahun terakhir," tegas Agus.

Secara keseluruhan ditambahkannya, bahwa tren komunikasi selama Lebaran sudah bergeser dari sebelumnya didominasi suara dan SMS menjadi layanan berbasis data dan internet.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan akses internet dan data XL terus memperluas cakupan HotRod 3G+.

Sebanyak 22 area kota yang terlayani HotRod 3G, yaitu Jakarta, Medan, Bekasi, Depok, Tangerang, Surabaya, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Serang, Bogor, Makasar, Mataram, Batam, Pekanbaru, Lampung, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Solo dan Banjarmasin.

Hingga kini total jumlah pelanggan XL mencapai 49,1 juta, yang dicover lebih dari 39.819 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G), serta jaringan backbone fiber optic yang membentang di seluruh pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.
(R017/S006)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013