Roma (ANTARA News) - Perdana Menteri Italia Enrico Letta mengatakan Italia tertarik bekerja sama dengan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Saat berpidato dalam jumpa pers, Kamis, Letta mengatakan bahwa pemilihan presiden pada 14 Juni di Iran adalah wujud kehadiran bangsa Iran dalam menentukan nasib mereka.

"Saya sangat menyadari pentingnya hubungan positif dengan Republik Islam Iran dan akan melakukan segala upaya untuk meningkatkan hubungan dwipihak," katanya, seperti yang dilaporkan IRNA.

Hasil pemilihan umum di Iran adalah langkah pertama dan Italia akan menyambut langkah-langkah lain yang harus diambil oleh Teheran untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan dunia, katanya.

Dia menambahkan bahwa sebagai mantan Menteri Perdagangan Luar Negeri Italia, ia telah mengunjungi Teheran dan beberapa kota Iran lainnya.

Presiden Italia, Giorgio Napolitano, baru-baru ini mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Presiden Iran terpilih Hassan Rohani di mana ia menyerukan ditingkatkannya hubungan Teheran-Roma.

Dia berharap sukses untuk Rohani dalam membuka bab baru dalam interaksi konstruktif dengan masyarakat internasional.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013