Jarak pandang masih dibawah satu kilometer. Namun semua jadwal penerbangan masih lancar
Batam (ANTARA News) - Otoritas Penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencatat hingga Sabtu pagi jarak pandang diskitar bandara sekitar 700-800 merter.

"Jarak pandang masih dibawah satu kilometer. Namun semua jadwal penerbangan masih lancar," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk semua pesawat yang memiliki jadwal tetap terbang sesuai jadwal. Sementara beberapa pesawat carteran masih menunggu konfirmasi ke bandara tujuan sebelum terbang.

"Ada beberapa pesawat carteran yang masih berada di Hang Nadim dan akan terbang hari ini seperti ke Matak, Kabupaten Anambas. Mereka masih menunggu konfirmasi dari bandara tujian sebelum meninggalkan Batam," kata dia.

Ia mengatakan, pada Rabu hingga Jumat sejumlah penerbangan tunda dan batal akibat kabut asap tebal di sekitar Hang Nadim.

"Pada Jumat sore bahkan jarak pandang hanya 350 meter," kata Suwarso.

Sementara itu, hingga Sabtu skitar pukul 11.00 WIB sejumlah pelayaran domestik di Batam masih lancar.

Untuk sementara otoritas pelabuhan masih mengizinkan feri untuk berlayar sesuai jadwal.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim hingga Minggu esok masih memperingatkan cuaca ekstrim akibat kabut asap dari kebakaran hutan di Sumatera daratan.

Bersarakan pantauan satelit NOAA-15, di Sumatra daratan yang mencakup Jambi, Riau dan Sumatra Utara pada Sabtu 05.15 WIB masih terdapat 398 titik api.

Sementara berdasarkan pantauan MODIS BMKG masih terdapat 616 titik api di Sumatera.

BMKG memprediksi jarak pandang di Batam dan Karimun hingga Minggu sekitar pukul 09.00 WIB masih dibawah 1 kilometer.

Pewarta: Larno
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013