Minggu, 23 November 2014

Menpora tinjau penyaluran BLSM DIY

| 1.892 Views
id blsm, kompensasi bbm, menpora, roy suyo
Menpora tinjau penyaluran BLSM DIY
Roy Suryo (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)
Saya datang ke Yogyakarta sebagai wakil dari pemerintah untuk memastikan kelancaran penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM)kepada warga Yogyakarta serta mengawasi mekanisme penyalurannya,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo melakukan peninjauan penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat tahap I Daerah Istimewa Yogyakarta di Kantor Pos Besar Yogyakarta, Sabtu sore.

"Saya datang ke Yogyakarta sebagai wakil dari pemerintah untuk memastikan kelancaran penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM)kepada warga Yogyakarta serta mengawasi mekanisme penyalurannya," kata Roy di sela-sela pembagian BLSM.

Ia mengatakan selain dirinya, 14 menteri lainnya juga diberikan mandat presiden untuk meninjau pembagian BLSM ke masing-masing daerah.

Roy menilai mekanisme pembagian BLSM kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kantor Pos Yogyakarta cukup mendetail dan sistematis. Sebab pembagiannya diatur bukan hanya per kecamatan namun hingga per kelurahan dengan masing-masing waktu yang telah ditentukan.

"Pembagian BLSM di Yogyakarta saya melihat cukup mendetail. Sehingga tertata rapi, tidak ada kericuhan dan suasananya cukup "njawani","katanya.

Roy berharap masyarakat penerima BLSM dapat memanfaatkan kompensasi tersebut dengan baik.

Ia mengakui bantuan yang digelontorkan pemerintah tersebut tidak akan mencukupi 100 persen kebutuhan masyarakat. Namun bantuan diyakini akan meringankan masyarakat.

"Tentu kalau dibilang cukup tidak akan pernah cukup. Tapi paling tidak ini upaya maksimal yang dapat dilakukan pemerintah sebagai kompensasi. Tentu akan berbeda kalau pemerintah tidak menggelontorkan BLSM,"katanya.

Roy mengatakan menyusul kenaikan bahan bakar minyak (BBM), pemerintah telah mengalokasikan subsidi bagi 15,5 juta masyarakat miskin dengan total Rp29 triliun. Subsidi tersebut terdiri atas alokasi beras miskin (raskin) Rp4,3 triliun, program keluarga harapan Rp700 miliar, program bantuan siswa miskin Rp7,5 miliar, program BLSM Rp9,3 triliun.

DIY mendapatkan alokasi BLSM Rp86.517.300.000 untuk 288.391 rumah tangga sasaran (RTS) di lima kabupaten. Pada tahap I penyaluran BLSM, DIY telah merealisasikan total Rp291.000.000 bagi 970 RTS.
(KR-LQH/H008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga