Seharusnya Sriwijaya Airlines mendarat di Bandara Raja Haji Fisabillah pukul 18.00 WIB atau 19.00 WIB. Akan tetapi, pesawat gagal diterbangkan lantaran asap tebal,"
Tanjungpinang (ANTARA News) - Asap tebal yang berasal dari Provinsi Riau mengakibatkan Pesawat Sriwijaya gagal terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sabtu malam.

"Seharusnya Sriwijaya Airlines mendarat di Bandara Raja Haji Fisabillah pukul 18.00 WIB atau 19.00 WIB. Akan tetapi, pesawat gagal diterbangkan lantaran asap tebal," kata anggota DPRD Kepulauan Riau daerah pemilihan Tanjungpinang Rudy Chua.

Rudy juga masih menunggu salah seorang saudaranya yang menjadi penumpang Pesawat Sriwijaya. Seharusnya malam ini saudaranya tiba di Tanjungpinang. Namun, karena asap tebal, pesawat gagal diterbangkan.

"Keputusan pihak Sriwijaya itu harus diterima untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pilot tentunya sulit mendarat kalau udara bercampur asap tebal," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa asap tebal di sekitar bandara, Tanjungpinang, bukan baru hari ini terjadi, melainkan sejak kemarin.

Pesawat Sriwijaya, kata dia, tadi malam juga gagal terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Tanjungpinang karena jarak pandang hanya 1 km.

Penumpang yang seharusnya diangkut ke Tanjungpinang tadi malam, lanjut dia, terpaksa ditunda keberangkatannya hingga tadi siang. Jadwal penerbangan Pesawat Sriwijaya menjadi kacau akibat asap yang tebal.

"Kemungkinan penumpang yang malam ini seharusnya tiba di Tanjungpinang akan diterbangkan besok siang," ujarnya.

Rudy mengemukakan bahwa pihak penerbangan sudah seharusnya mengikuti arahan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Jika tidak diikuti, dikhawatirkan dapat menimbulkan persoalan, terutama saat mendarat," ujarnya.
(KR-NP/D007)

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013