Jakarta (ANTARA News) - Para petugas medis Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyelamatkan seorang ibu yang akan melahirkan saat mengikuti ajang Jakarta Night Festival 2013.

"Tadi kami mendapat laporan dari anggota kepolisian tentang ibu hamil yang akan melahirkan di dekat halte Tosari (Transjakarta)," kata Direktur Ambulan Gawat Darurat (AGD) DKI Jakarta, dr. Adji Kurnianto, kepada ANTARA News, saat bertugas di posko kesehatan bundaran Hotel Indonesia, Sabtu (22/6) malam.

Adji mengatakan ibu hamil itu langsung dibawa tim AGD menuju sebuah rumah sakit terdekat di sekitar Tosari, sekitar pukul 19.00 WIB. "Saya tidak sempat mengetahu kondisinya karena tim langsung membawa ibu itu ke rumah sakit," kata Adji.

Selain menyelematkan ibu yang akan melahirkan, para petugas kesehatan di posko kesehatan depan Hotel Mandarin Jakarta Pusat, hingga pukul 22.00 WIB, telah menangani sekitar 20 warga yang mengikuti JNF.

"Rata-rata para pasien mengeluh pusing dan panas," katanya.

Adji menambahkan masyarakat sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengikuti perayaan puncak HUT DKI Jakarta ke-486 itu jika kondisi tubuh lemah.

"Kalau tidak sehat, jangan dipaksakan. Jika sudah capek berjalan, berhenti dulu dan minum air," katanya.

Petugas Dinas Kesehatan Jakarta Utara yang bertugas di posko kesehatan depan hotel Pullman, Cucu Nugrahawan, mengatakan tim kesehatan tersebar di 36 titik sepanjang jalan Thamrin.

"Ada 36 ambulan dan 15 tenda. Tiap titik ada 10 orang petugas gabungan dari Puskesmas-puskemas DKI, Palang Merah Indonesia, dan Ambulan Gawat Darurat," kata Cucu.

Cucu mengatakan jumlah posko kesehatan dengan tenda lebih sedikit dibanding posko kesehatan ketika malam tahun baru lalu. "Perkiraan kami, jumlah warga yang ada di acara ini tidak sebanyak saat tahun baru meski poskonya semakin banyak," kata Cucu. (I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013