Jumat, 29 Agustus 2014

Kementan rencanakan 5.000 KRPL pada 2013

Minggu, 23 Juni 2013 10:02 WIB | 2.391 Views
Kementan rencanakan 5.000 KRPL pada 2013
Menteri Pertanian Suswono (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Medan (ANTARA News) - Kementerian Pertanian merencanakan penyiapan program Kawasan Rumah Pangan Lestari di 5.000 desa di Tanah Air untuk memperkuat ketahanan pangan dan membantu perekonomian keluarga.

Usai meninjau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) milik Kelompok Kartini Lestari di Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan, Sabtu, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, untuk membantu masyarakat, pihaknya akan menyalurkan dana stimulus sebesar Rp47 juta untuk setiap desa.

Program tersebut telah dijalankan sejak dua tahun lalu dengan target dua desa percontohan untuk setiap kabupaten di Indonesia.

"Kita ingin memanfaatkan lahan sekecil apa pun di sekitar rumah untuk memperkuat ketahanan pangan," katanya.

Ia mengatakan, dari analisa yang dilakukan, program KRPL tersebut dapat mengurangi pengurangan keluarga sekitar Rp200 ribu hingga Rp800 ribu per bulan.

Dalam menjalankan program KRPL tersebut, masyarakat yang tidak memiliki lahan tetap dapat menjalankan aktivitasnya dengan pola holtikultura.

"Yang penting, kita punya kemauan," katanya didampingi Kepala Dinas Pertanian Sumut HM Roem dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumut Setyo Purwadi.

Dalam kunjungan ke Kelompok Kartini Lestari di Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan itu, Mentan Suswono melakukan panen gambas, kacang panjang, dan melon.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga