... Tahun depan, kita gelar lagi... "
Pontianak, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Gelaran musik yang selalu digagas Fakultas Teknik Univeritas Tanjungpura, Pontianak, Musik Kampus, tahun ini ditutup dengan penampilan Jamrud, Minggu malam (23/6). Yang istimewa, Musik Kampus 2013 ini juga pas dengan peringatan 50 tahun fakultas itu. 

Halaman Kantin Nine Teen yang menjadi lokasi panggung Musik Kampus 2013 dipadati penonton selama dua hari perhelatan yang dimulai pada Sabtu (22/6).

Di hari pertama, penampilan grup musik heavy metal, Power Metal, menjadi penutup acara. Ribuan pengunjung hadir menyaksikan Power Metal yang tampil aktraktif dengan tembang-tembang seperti Satu Jiwa, Bidadari dan Srigala Malam.

Arul Efansyah, sang vokalis asal Banjarmasin, cukup komunikatif dengan penonton. Sejak dibentuk pada 1986, Arul Efansyah, mengakui baru kali ini Power Metal ke Pontianak. Ia pun tak menyangka banyak penggemar Power Metal di Kalimantan Barat.

Sedangkan di hari kedua, penonton yang hadir jauh lebih banyak. Ketua Panitia HUT Emas Fakultas Teknik Untan, Jakius Sinyor, berharap ajang Musik Kampus dapat terus digelar secara rutin.

"Tahun depan, kita gelar lagi," ujar Sinyor yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat itu.

Selain Jamrud dan Power Metal, sejumlah grup musik lokal ikut tampil selama dua hari. Di antaranya Dap Band, Coffee T M, Ghaitsa, Wai Rejected, Puck Mude, C-Blues, Maximine, Phytoplankton, Stupid Kids, Pandanwangee, Teknik Old Crack, Lelaki, Wahaha, KPJ, dan Tone Office.

Jamrud membawakan lagu-lagu hits mereka dari berbagai album yang akrab di telinga sekitar 10.000 penonton. Misalnya Otak Kotor, Ayam Kampung, Terima Kasih, Selamat Ulang Tahun, Asal British, Putri, Sik Sik Sibatumanikkam, Dokter Suster, Ningrat, dan Waktuku Mandi.

Grup yang digawangi Aziz MS, Ricky Teddy, Krisyanto, Muhammad Irwan dan Danny Rachman itu, terlihat mampu berkomunikasi dengan baik ke penonton. Sekitar dua jam mereka tampil penuh di atas panggung.

Musik Kampus 2013 kali pertama diadakan pada 1982 dicetuskan Yoseph D Lesil, alumnus angkatan 1981 Fakultas Teknik Sipil Universitas Tanjungpura. Sempat rutin digelar tiap tahun mulai 1982-1995 (kecuali 1987), lalu 1997, 2000, 2008, 2011, dan 2013.

Musik Kampus digelar sebagai wadah apresiasi bagi musisi asal Kalbar dari berbagai aliran musik. Untuk memeriahkan acara, terkadang mengundang grup atau artis asal ibu kota.

(T011/Z004)

Pewarta: Teguh Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013