... penyebab kebakaran lahan... "
Rokan Hilir, Riau (ANTARA News) - Polres Rokan Hilir, Riau, menangkap dan menahan warga berinisial HP (50), pemilik lahan di Dusun Antara, di kabupaten itu, yang diduga membakar lahan di areal miliknya sehingga menjalar ke lahan sekitarnya.

"Benar kami sekarang menahan seorang berinisial HP yang diduga sebagai penyebab kebakaran lahan di Dusun Antara Kecamatan Bangko Pusako dan sekitarnya hingga meluas mencapai ribuan ha," ungkap Kapolres Rokan Hilir, AKBP Tonny Hermawan, yang dihubungi, Senin di Bagan Siapiapi.

HP --pemilik ratusan Hektare lahan di Dusun Antara Bangko Pusako-- ditangkap di Bangko, Sabtu (22/6). HP diketahui bekas pemimpin satu bank pemerintah di Pekanbaru, Riau.

HP akan dijerat pasal-pasal UU Lingkungan Hidup.

Asap dari kebakaran lahan dan hutan di Sumatera sudah sangat mengganggu Singapura dan Malaysia. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, bahkan memastikan memberi hukuman berat bagi pebisnis dan perusahaan Singapura yang ada di balik pembakaran lahan dan hutan itu.

Sementara di Tanah Air, pemerintah masih berkutat pada birokrasi penanganan --di antaranya "menunjuk" instansi yang "resmi" yang boleh memberi pernyataan-- dan penyelidikan sebab-musabab asap berskala masif itu.

Menurut berbagai kalangan, jika tidak bisa diakhiri secara tuntas dan permanen, kehadiran asap dari Indonesia itu bisa mengganggu kerukunan, stabilitas, dan ekonomi kawasan, berujung pada kerugian besar bagi Indonesia.

(KR-RST/E001)

Pewarta: Rosyita
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013