Jakarta (ANTARA News) - Film "Monsters University" berada di puncak box office Amerika Serikat (AS),  mengalahkan "Man of Steel" dan "World War Z".

Film produksi Pixar tersebut meraup pendapatan dari penjualan tiket sampai 82 juta dolar AS, melampaui perkiraan studio, kata Kepala Distribusi Disney, Dave Hollis, seperti dilansir laman BBC.

Sementara film "World War Z" yang dibintangi oleh Brad Pitt berada di posisi kedua dengan penghasilan 66 juta dolar AS dan film Superman produksi Warner Bros, "Man of Steel", dengan pendapatan 41,2 juta dolar AS.

"Keragaman pekan ini menjadikan bisnis semakin bagus. Benar-benar minggu luar biasa untuk industri film," kata Hollis mengomentari persaingan ketiga film tersebut.

Sementara "World War Z" dari Paramount tergolong berpenghasilan bagus meski anggarannya dilaporkan membengkak karena ada perubahan akhir cerita yang mengharuskan penulisan ulang cerita dan syuting ulang.

Presiden distribusi domestik Paramount, Don Harris, mengatakan, "ini pembukaan film live-action terbesar setelah 'Avatar" dan juga "pembukaan film terbesar bagi Brad Pitt".

Harris juga menyatakan film tersebut merupakan "pembukaan terbesar ketiga untuk film berpotensi franchise" dari perusahaan tersebut.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013