Acara didesain seperti layaknya pasar tradisional. Disini Petani dapat memasarkan langsung hasil panennya tanpa perantara."
Bogor (ANTARA News) - Memeriahkan libur sekolah, Taman Wisata Mekarsari mengadakan kegiatan "Farmer Market" yang dimeriahkan dengan bazar buah dan sayuran nusantara.

"Farmer Market ini dibuka mulai 22 Juni hingga 7 Juli mendatang," kata Putri Ayu Pratami, Public Relations Manager Mekarsari, dalam siaran persnya kepada Antara, Rabu.

Putri menyebutkan, selain untuk menyambut libur sekolah, "Farmer Market" diselenggarakan dalam rangka meningkatkan derajat buah-buah lokal dan kesejahteraan petani di Indonesia.

Dalam Farmet Market tersebut, para petani dapat memasarkan langsung panennya tanpa perantara.

Ada 20 peserta yang ikut serta dalam kegiatan tersebut terdiri dari petani sayur, petani biah, umbi-umbian, pedagang buah, dinas pertanian provinsi, lembaga pendidikan serta produser buah olahan.

Putri menyebutkan, Mekarsari "Farmer Market" merupakan acara tematik di liburan sekolah bertempat di Festival Point, Taman Wisata Mekarsari.

"Acara didesain seperti layaknya pasar tradisional. Disini Petani dapat memasarkan langsung hasil panennya tanpa perantara," katanya.

Selain bazar buah dan sayur, lanjut Putri, acara Mekarsari Farmers Market akan diramaikan dengan berbagai program edutainment, seperti showroom tanaman, Indonesia unik, clown market, pentas buah, pertujukan busana buah, permainan buah serug, kuliner buah nusanrara dan jazz ke pasar buah.

"Di show room tanaman, pengunjung bisa melihat berbagai tanaman langka, unik dan tanaman unggulan yang dilestarikan di Taman Wisata Mekarsari," katanya.

Show room tanaman, tidak hanya menampilkan bibit tanaman buah dan saturan dalam Farmet Market juga akan memamerkan bungan dan khususnya Angrek koleksi Mekarsari yang kembangkan di Laboratorium Biosari.

"Ada kegiatan Indonesia Unik menampilkan, buah-buahan Indonesia memiliki jenis, warna dan keunikan-keunikan yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat luas," katanya.

Menurut Putri, dengan program ini, kekhasan dan keunikan buah-buahan Indonesia ditampikan melalui display buah unik, yang nantinya akan dikonsteskan dengan system voting oleh pengunjung Taman Wisata Mekarsari.

Beberapa tanaman unik yang akan ditampilkan diantaranya Jeruk Jari Budha, Nangka Telanjang, dan Bunga Salak.

Selanjut, pengunjung dapat menikmati kuliner buah nusantara. Program yang dituangkan dalam sebuah zona yang menjadi surga kuliner, bagi para pecinta olehan buah.

"Berbagai produk hasil olahan buah, akan disajikan dan siap disantap oleh para pengunjung, seperti asinan buah, keripik buah, jus buah, Rujak, berbagai es buah, sop buah dan lain-lain," kata Putri. (LR)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013