Kita dapat bukti-bukti yang sebenarnya"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menjamin kasus bail out Bank Century senilai Rp6,7 triliun selesai menjelang Pemilu 2014.

"Kita ingin kasus ini selesai secepatnya. Saya beri garansi bahwa, saya pastikan kasus Bank Century akan sampai ke pengadilan tahun ini. Insya Allah sebelum Pemilu 2014," kata Abraham sebelum rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, penggeledahan Bank Indonesia oleh KPK Senin lalu (24/6) adalah bukti keseriusan KPK dalam menuntaskan kasus Bank Century.

"Penggeledahan itu adalah bentuk keseriusan dari KPK mengungkap kasus Bank Century," kata Abraham.

Dari hasil penggeledahan itu, KPK mendapatkan bukti-bukti yang menguatkan analisis selama ini terhadap kasus Bank Century, termasuk CCTV dan log di gudang BI.

"Kita dapat bukti-bukti yang sebenarnya, kalau dikategori, kalau data-data itu tidak didapat, akan sulit kita ungkap kasus Bank Century. Tapi dengan ada penggeledahan. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit dapat diungkap," kata dia.

Dia mengatakan, penggeledahan BI berkaitan dengan pemeriksaan pejabat BI di luar negeri. "Penggeledahan itu bukan terlambat. Setelah kita melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap mantan pejabat BI di luar negeri, semua keterangan-keterangan itu memberi petunjuk kepada kita untuk mengkongkritkan tentang data-data yang dibutuhkan," kata Abraham.

Dia menyambung, "Makanya kita lakukan pengeledahan. Penggeledahan di BI sangat-sangat berkaitan dengan hasil pemeriksaan. Itu memberikan kepada kita untuk melengkapi data-data. Oleh karena itu, kita lakukan penggeledahan di BI."


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013