Sydney (ANTARA News) - Kevin Rudd Kamis ini dilantik sebagai perdana menteri baru Australia hampir tiga tahun sejak ia digulingkan oleh Julia Gillard saat pertarungan Partai Buruh untuk memperjuangkan kelangsungan hidup daerah pemilihannya.

Tokoh berusia 55-tahun itu menutup kisah dramatisnya dengan kembali tampil setelah memimpin perolehan suara Rabu kemarin di mana Gillard yang adalah perempuan perdana menteri pertama negara itu dikalahkan dalam pemungutan suara di satu ruang partainya dan mengumumkan pensiun dari dunia politik.

Promosi Rudd menandai perubahan menakjubkan bagi mantan pemimpin yang kini akan memimpin Partai Buruh untuk pemilihan yang dijadwalkan 14 September di mana jajak pendapat memprediksi oposisi konservatif Tony Abbott akan menang telak.

Enam menteri kunci mengundurkan diri pasca-Gillard ditumbangkan, termasuk pendukung paling setianya, menteri keuangan dan wakil pemimpin Wayne Swan.

Hari ini orang kepercayaan Gillard, Menteri Transportasi Anthony Albanese, disumpah sebagai Deputi Rudd oleh Gubernur Jenderal Quentin Bryce sementara mantan Menteri Imigrasi Chris Bowen diangkat menjadi menteri keuangan.

Popularitas Partai Buruh merosot di bawah Gillard, demikian AFP

(H-AK)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013