Jakarta (ANTARA News) - Fotografer Amerika Serikat terkemuka, Bert Stern, dikenal atas foto Marilyn Monroe bertajuk "The Last Sitting", tutup usia pada umur 83.

Stern mengambil gambar Monroe untuk majalah Vogue, hanya beberapa pekan sebelum aktris itu meninggal akibat overdosis pada 1962.

Selebriti lain yang telah difoto olehnya meliputi Audrey Hepburn dan Twiggy.

Sineas Shannah Laumeister, istri Stern, mengatakan, "Dia akan diingat sebagai orang yang mencintai perempuan dan senang mengambil gambar dan mencurahkan perasaannya di kamera. Foto-fotonya akan hidup selamanya dan membuat generasi-generasi mendatang terkagum-kagum," ujarnya, menambahkan bahwa foto Monroe "melebihi fotografi dan menjadi karya seni".

Stern memotret lebih dari 2.500 foto Monroe selama pemotretan intensif yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Bel Air, Los Angeles, enam minggu sebelum Monroe meninggal pada 1962.

Foto telanjang dan setengah telanjang -termasuk foto yang ditolak Monroe untuk dipublikasikan di majalah- diterbitkan dalam buku berjudul "The Last Sitting" pada 1982, dan buku kedua "Marilyn Monroe: The Complete Last Sitting" dirilis pada 2000.

Dalam film dokumenter tentang fotografer yang dibesut Laumeister, Stern berkata, "Berada di kamar hotel bersama Marilyn Monroe merupakan pengalaman sekali seumur hidup, meskipun tempat itu berubah menjadi studio."

Koleksi 36 karya foto yang diambil pada "The Last Sitting" dilelang di New York dengan harga nyaris 150.000 dolar pada 2008 silam.

Selama 50 tahun berkarir, Stern telah memotret berbagai selebriti seperti Sophia Loren, Elizabeth Taylor, dan Truman Capote, seperti dikutip dari laman BBC.(*)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013