Jakarta (ANTARA News) - Lalu lintas beberapa jalan di seputar Lapangan Monumen Nasional (Monas) dan Kantor Gubernur DKI Jakarta pada Minggu pagi padat karena ada persiapan Pesta Rakyat dan Budaya serta Jakarnaval, rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-486 Jakarta.

Lalu lintas kendaraan di Jalan Merdeka Selatan tersendat karena separuh badan jalan digunakan sebagai lokasi parkir untuk kegiatan Pesta Rakyat dan Budaya yang diselenggarakan di sisi timur Lapangan Monumen Nasional.
 
Sejumlah kendaraan bermotor yang ingin melalui Jalan Kebon Sirih juga terpaksa beralih ke Jalan Wahid Hasyim karena sebagian badan jalan di ruas Kebon Sirih penuh mobil-mobil hias yang akan mengikuti Jakarnaval.

Para peserta Jakarnaval tengah melakukan persiapan akhir di mobil-mobil hias masing-masing. Sebagian besar mobil hias memasang Ondel-Ondel sebagai hiasan merujuk pada tema Jakarnaval tahun ini.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebelumnya menyatakan akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan MH Thamrin untuk penyelenggaraan Jakarnaval pada Minggu sore. 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, pada pukul 14.00 WIB Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi selatan) akan ditutup untuk parkir kendaraan karnaval dan peserta karnaval.

Penutupan juga akan dilakukan di Jalan MH Thamrin sisi timur, dari Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB.

Sementara itu untuk pergerakan timur ke barat dan barat ke timur yang melintasi Jalan MH Thamrin sampai dengan Bundaran HI, seperti Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Kebon Sirih, Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Kebon Kacang penutupan akan dilakukan sesuai kebutuhan.

Hal serupa diterapkan untuk lalu lintas arah utara ke selatan dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju Bundaran HI dengan alternatif pergerakan dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara atau Jalan Budi Kemuliaan dan seterusnya.


Pewarta: GNC Aryani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013