... ibunya di kantor sementara bayinya di rumah, maka ASI perah tadi bisa diantar ke rumah... "
Jakarta (ANTARA News) - Konselor laktasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Reni Wigati, mengatakan, jasa kurir ASI akan mempermudah para wanita karir yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk memberikan Asi eksklusif pada bayinya.

"Jasa kurir ASI mempermudah para ibu dalam menyukseskan program ASI eksklusif pada bayi," katanya di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan, jasa kurir ASI mengantarkan ASI perah dengan target ibu-ibu yang hendak menyediakan ASI eksklusif meskipun terpisah dari bayinya.

"Misalkan ibunya di kantor sementara bayinya di rumah, maka ASI perah tadi bisa diantar ke rumah dengan menggunakan jasa kurir ASI yang diluncurkan RSIA Evasari," kata dia.

Direktur RSIA Evasari, Dini Handayani mengatakan untuk menggalakkan program ASI Eksklusif pihaknya meresmikan program Inisiasi Menyusu Dini (IMD), klinik Laktasi dan Kurir ASI.

"Masyarakat Jakarta dan sekitarnya bisa memanfaatkan layanan ini dengan menghubungi kami bila ingin menggunakan jasa kurir ASI," katanya.

Untuk menjaga kualitas ASI yang sudah diperah, pihaknya melakukan pengawasan dengan menjaga suhu temperatur yaitu dengan menyediakan termometer pada filler box susu agar ada bukti objektif mengenai suhunya.

"Jasa ini biasa dibutuhkan ibu-ibu yang habis memerah, maka dia akan mendapatkan ASI segar pada suhu kamar," katanya.

Kata dia, suhu empat sampai delapan derajat, itu bisa bertahan sampai 24 jam. Tetapi, pada pengantaran yang menggunakan filler box, hanya bisa bertahan maksimal delapan jam.

(W004/N005)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013