Jakarta (ANTARA News) - Tuan rumah Brazil hingga babak pertama usai sementara unggul 2-0 dari Spanyol dalam laga final Piala Konfederasi 2013 di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin pagi WIB.

Brazil unggul lebih dulu dengan cepat ketika pertandingan baru berjalan dua menit setelah Fred memenangi perebutan bola dengan kiper Spanyol Iker Casillas dalam polemik di depan gawang.

Umpan Hulk untuk Neymar yang dihadang pemain belakang Spanyol memicu kemelut di depan gawang tim matador, Fred yang terjatuh langsung menyepak bola masuk ke gawang sebelum Casillas berhasil meraihnya.

Brazil  yang bermain dalam tempo cepat, pada menit ke 13 kembali menusuk pertahanan Spanyol, Paulinho mencoba menambah gol, tapi Casillas berhasil menyelamatkan gawangnya.

Spanyol kemudian mencoba membangun serangan, pada menit 20 Iniesta mencoba keberuntungan, sayang kiper Brazil Julio Cesar berhasil menepisnya.

Selang 12 menit kemudian, Brazil mendapatkan kesempatan menyerang balik dengan cepat, Neymar berlari dan mengoper bola ke Fred. Fred yang sudah berhadapan dengan Casillas menendang bola, tapi kiper Real Madrid itu menghalau bola dengan kakinya.

Spanyol nyaris menyamakan kedudukan pada menit 38 saat Pedro yang terbebas dari kawalan pemain belakang Brazil mendapatkan umpan dari Juan Mata. Pedro menendang bola rendah persis mengarah ke tengah gawang Brazil, tapi tiba-tiba David Luiz berlari ke belakang dan menghalau bola menjauh dari mulut gawang.

Pendukung Brazil kian bersorak gemuruh pada menit-menit akhir babak pertama. Neymar berhasil menggandakan gol Brazil pada menit 44 yang membuat tuan rumah sementara unggul 2-0.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013