Sabtu, 23 Agustus 2014

Brazil juara Piala Konfederasi

Senin, 1 Juli 2013 06:54 WIB | 12.099 Views
Brazil juara Piala Konfederasi
Aksi penyerang Brazil Neymar dalam laga final Piala Konfederasi 2013 di Rio de Janeiro, Brazil, Senin pagi WIB (01/07/13). Brazil menjuarai kompetisi itu dengan mengalahkan Spanyol 3-0. (fifa.com)
Jakarta (ANTARA News) - Tuan rumah Brazil sukses merebut gelar juara Piala Konfederasi untuk ketiga kalinya berturut-turut dengan menundukkan juara dunia Spanyol 3-0 dalam laga final di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin pagi WIB.

Brazil dengan mudah unggul cepat berkat gol Fred saat pertandingan baru berjalan dua menit, dan Neymar menggandakannya pada menit 44, sebelum Fred mencetak satu gol lagi menit 47.

Fred mencetak gol pertama untuk Brazil setelah memenangi perebutan bola dengan kiper Spanyol Iker Casillas dalam polemik di depan gawang.

Umpan Hulk untuk Neymar yang dihadang pemain belakang Spanyol memicu kemelut di depan gawang Tim Matador, Fred yang terjatuh langsung menyepak bola masuk ke gawang sebelum Casillas menjangkaunya.

Brazil  yang bermain dalam tempo cepat, pada menit ke 13 kembali menusuk pertahanan Spanyol, Paulinho mencoba menambah gol, tapi Casillas berhasil menyelamatkan gawangnya.

Spanyol kemudian mencoba membangun serangan, pada menit 20 Iniesta mencoba keberuntungan, sayang kiper Brazil Julio Cesar berhasil menepis bola.

Selang 12 menit kemudian, Brazil berkesempatan menyerang balik dengan cepat, Neymar berlari dan mengoper bola ke Fred. Fred yang sudah berhadapan dengan Casillas menendang bola, tapi kiper Real Madrid itu menghalau bola dengan kakinya.

Spanyol nyaris menyamakan kedudukan pada menit 38 saat Pedro yang terbebas dari kawalan pemain belakang Brazil mendapatkan umpan dari Juan Mata. Pedro menendang bola rendah persis mengarah ke tengah gawang Brazil, tapi tiba-tiba David Luiz berlari ke belakang dan menghalau bola menjauh dari mulut gawang.

Pendukung Brazil kian bersorak gemuruh pada menit-menit akhir babak pertama. Neymar berhasil menggandakan gol Brazil pada menit 44 yang membuat tuan rumah unggul 2-0.

Mengawali babak kedua, Fred kembali membuat kejutan. Hulk mengirim umpan untuk Neymar di tengah jantung pertahanan Spanyol, namun bola menggelinding ke depan Fred. Fred dengan cepat menyapu bola, membentur mistar kiri gawang Casillas, dan masuk. Brazil kian unggul 3-0, sekaligus menempatkan Spanyol dalam posisi kian sulit.

Spanyol yang dibuat tidak berkutik, mendapatkan peluang emas pada menit 55 setelah Navas yang baru masuk menggantikan Mata diganjal Marcelo di kotak penalti Brazil.

Tapi keberuntungan belum berpihak kepada Spanyol, Ramos yang menjadi eksekutor penalti, menendang bola melenceng tipis di kanan gawang Brazil yang dijaga Julio Cesar.

Ingin mengubah keadaan, pelatih Vicente del Bosque kemudian memasukkan David Villa pada menit 59 dan menarik keluar Fernando Torres.

Permainan Spanyol memang sedikit berubah, sedikit tajam. Iniesta kemudian mendapatkan peluang bagus pada menit 64, tapi lagi-lagi David Luiz menjadi penyelamat Brazil, memblok bola menjauh dari gawang.

Gagal lagi memperkecil kekalahan, Spanyol kian terpuruk, bek andalannya Gerard Pique harus meninggalkan lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua karena mengganjal keras Neymar.

Meski beberapa kali mencoba memperkecil kekalahan melalui Pedro dan David Villa, Spanyol akhirnya menyerah tanpa mencetak gol.

Brazil menjuarai Piala Konfederasi 2013 dengan kemenangan 3-0 atas juara dunia yang juga juara Eropa, Spanyol.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga