Jumat, 22 Agustus 2014

Kemenperin genjot promosi produk unggulan daerah

Selasa, 2 Juli 2013 11:34 WIB | 2.733 Views
Kemenperin genjot promosi produk unggulan daerah
Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah memberikan sambutan pada pembukaan Gelar Produk Unggulan Jawa Timur di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian Jakarta, 2 Juli 2013. (kemenperin.go.id)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong promosi produk-produk unggulan khas daerah dengan mengadakan Pameran Gelar Produk Unggulan Jawa Timur yang diharapkan mampu mengangkat nilai produk tersebut.

"Pameran ini merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi, mengangkat, dan mempromosikan produk-produk unggulan daerah," kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, saat memberikan sambutannya di Jakarta, Selasa.

Euis mengatakan, pameran yang digelar secara rutin oleh Kementerian Perindustrian tersebut memang saat ini menampilkan produk unggulan dari Jawa Timur, namun pameran serupa juga telah diadakan di Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Yogyakarta, dan Jakarta.

"Saya berharap, Dewan Kerajinan Nasional khususnya untuk Jawa Timur bisa meningkatkan pembinaan dan memfasilitasi para perajin, agar mereka bisa lebih berkembang untuk menjadi industri yang maju dan mandiri," ujar Euis.

Euis menambahkan, Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang memiliki potensi daya saing tinggi yang didukung dengan adanya sumber daya manusia berkualitas yang mampu menghasilkan produk unggulan terbaik.

"Hal tersebut bisa dijadikan modal berharga untuk pengembangan perekonomian daerah, khususnya untuk wilayah Jawa Timur," ujar Euis.

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, pada tahun 2012 lalu jumlah unit usaha IKM sebanyak empat juta unit, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 9,4 juta orang.

Saat ini, IKM menyumbang kurang lebih 10 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB), dan diharapkan mampu meningkat hingga 50 persen pada tahun 2025 nanti.

"Pemerintah juga telah melakukan pengembangan potensi IKM di Indonesia di antaranya melalui restrukturisasi mesin dan peralatan, pengembangan kewirausahaan, serta pembinaan, dan lain lain," ujar Euis.

Pameran tersebut menghadirkan produk-produk unggulan dari Jawa Timur seperti batik tulis, bordir, kerajinan perak, perhiasan, produk kulit, dan produk-produk unggulan lainnya, dan diikuti oleh 47 perajin binaan Dekranasda Provinsi Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga