Teheran (ANTARA News) - Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan kehadiran armada Iran di pelabuhan Rusia, Astrakhan, adalah untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di wilayah Laut Kaspia.

Pelabuhan Astrakhan terletak di selatan Eropa Rusia dan di dua tepi Sungai Volga, dekat ke tempat pemberhentian ke Laut Kaspia.

Kapal Joshan (Perisai) dan Peykan (Panah) berlabuh di bandar Rusia selama empat hari pada Jumat dan akan kembali ke pelabuhan utara Iran, Anzali, pada Senin malam.

Kedatangan AL Iran itu akan secara resmi disambut pasukan angkatan laut Iran pada Kamis pagi, kata laksamana Sayyari kepada IRNA, Senin.

Ditambahkannya bahwa dua kapal membawa pesan perdamaian dan persahabatan dari bangsa Iran kepada bangsa dan kepada bangsa Rusia itu juga mengunjungi pantai Laut Kaspia lainnya.

Ini adalah pertama kalinya kapal Angkatan Laut Iran dikirim ke Rusia untuk meningkatkan hubungan laut dengan Moskow, dan mempromosikan perdamaian serta persahabatan antara semua lima negara pesisir Laut Kaspia.

Sementara di Astrakhan, awak dua kapal perang Iran bertemu dengan para pelaut Rusia untuk berbagi keahlian dan bertukar pandangan dengan mereka. Mereka juga menghadiri permainan olahraga dengan rekan-rekan mereka dari Rusia.

Sayyari lebih lanjut mengatakan bahwa ia akan berangkat ke pelabuhan Rusia Saint-Petersburg Senin malam atas undangan Angkatan Laut Rusia.

Saint-Petersburg adalah ibukota laut Rusia. Port Saint-Petersburg merupakan pintu gerbang negara Eropa, yang paling penting adanya jaringan transportasi antara Timur dan Barat.

Sementara di Saint-Petersburg, Sayyari mengatakan dia menghadiri sebuah pameran terbaru mengenai prestasi angkatan laut Rusia.

Dia mengatakan kehadiran armada Iran di perairan selatan dan utara negara itu berlangsung atas perintah Pemimpin Agung Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei guna menunjukkan kekuatan Angkatan Laut Iran.

Dia announcedd bahwa armada Angkatan Laut ke26, yang baru-baru ini dikirim ke Teluk Aden, akan pergi ke pelabuhan Salalah di Oman dan kemudian melanjutkan ke Djibouti di Tanduk Afrika.

Teluk Aden terletak di Laut Arab antara Yaman, di pantai selatan Semenanjung Arab, dan Somalia di Tanduk Afrika.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013