Secara teknis Palembang sudah siap...
Jakarta (ANTARA News) - Pelaksanaan Pesta Olahraga Negara-Negara Islam atau Islamic Solidarity Games (ISG) secara resmi dipindahkan dari Pekanbaru ke Palembang Sumatra Selatan, 22 September hingga 1 Oktober 2013.

"Secara teknis Palembang sudah siap meskipun Jakarta yang sebelumnya disebut-sebut juga sudah siap. Tapi dalam rapat ini diputuskan pelaksanaan ISG di Palembang," kata Menkokesra Agung Laksono usai rapat koordinasi di Kantor Kemenkokosra di Jakarta, Selasa.

Selain masalah kesiapan teknis, katanya, pemilihan Palembang sebagai tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam menggantikan Pekanbaru dilakukan untuk mendorong pelaksanaan kejuaraan besar di luar Jakarta.

"Dengan adanya keputusan ini maka akan dilanjutkan untuk menyelesaikan keppres baru. Hasil keputusan ini akan langsung dibawa ke rapat kabinet," kata Agung Laksono menambahkan.

Politisi dari Partai Golkar ini menegaskan dengan adanya keputusan ini pihaknya meminta kepada pihak terkait terutama Kemenpora untuk segera menindaklanjuti keputusan ini termasuk melakukan komunikasi dengan pemerintah Sumatra Selatan.



Kendala Jakarta

Sementara itu Menpora Roy Suryo mengatakan pemilihan Palembang bukan tanpa alasan karena Jakarta yang selama ini dipersiapkan untuk menggantikan Pekanbaru ternyata mengalami kendala terutama masalah infrastruktur.

"Ternyata di Jakarta ada tiga cabang olahraga yang belum siap yaitu aquatik, lintasan atletik dan gelanggang senam. Jika tetap dipaksakan waktunya tidak cukup," katanya usai rapat koordinasi.

Menurut dia, jika dipaksakan di Jakarta selain harus melakukan pembangunan lokasi pertandingan baru, Jakarta juga harus melakukan kerja sama dengan daerah lain terutama dengan Jawa Barat. Salah satu cabang yang harus dilakukan di dua tempat adalah sepak bola.

"Kita butuh dua stadion yang standar. Tapi di Jakarta baru ada satu. Jika dilihat dari jadwal pertandingan itu tidak memungkinkan. Maka harus butuh stadion lagi," katanya menegaskan.

Menpora juga menambahkan, selain siap secara teknis, dipilihnya Palembang juga sesuai masukan ISSF yang meminta pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam ini berada dalam satu kota.

"Selain itu masalah efisiensi dan tertib anggaran. Di Palembang semuanya telah siap. Yang perlu dilakukan paling dekat adalah melakukan komunikasi dengan pemerintah Sumaera Selatan," kata lulusan Fisipol UGM itu.

ISG ketiga seharusnya digelar di Pekanbaru, 6-17 Juni lalu. Hanya saja karena Gubernur Riau Rusli Zainal terjerat kasus hukum serta belum siapnya infrastruktur membuat pesta olahraga negara-negara Islam ini dipindahkan.

Sesuai dengan data yang ada, ISG di Palembang ini akan diikuti 25 negara dan akan mempertandingkan 14 cabang olahraga di antaranya sepak bola, renang, atletik dan bola voli. Adapun anggaran yang dipersiapkan hanya Rp131 miliar.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013