Yakni kebutuhan fisik (berupa nutrisi), kasih sayang serta stimulasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Seribu hari pertama dalam perkembangan anak merupakan periode emas atau masa terpenting pertumbuhan yang paling kritis dan sensitif.

Disebut masa kritis karena periode ini tidak bisa diulang kembali serta memberikan hasil maksimal atas apa yang telah ditanamkan pada anak secara fisik dan psikologis.

Dokter spesialis anak dr Soedjatmiko Sp.A(K) mengatakan ada tiga komponen utama yang harus dipenuhi oleh anak dalam periode emas yang berlangsung sejak dalam kandungan hinga usia 2-3 tahun itu.

"Yakni kebutuhan fisik (berupa nutrisi), kasih sayang serta stimulasi," kata Soedjatmiko di Jakarta, Selasa.

Dijelaskannya, kebutuhan fisik berupa nutrisi dalam bentuk air susu ibu (ASI), makanan tambahan dan susu tambahan (saat anak sedikit lebih besar) penting untuk dipenuhi.

Selain itu, juga dibutuhkan imunisasi guna melindungi anak dari wabah dan penyakit menular.

"Setelah kebutuhan fisik terpenuhi, selanjutnya adalah kasih sayang, tapi ingat jangan berlebihan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan pentingnya stimulasi interaktif dari orang tua (atau pengasuh). Stimulasi ini berguna untuk mengarahkan serta mengembangkan potensi anak.

"Misalnya orang tua memberikan contoh langsung, ajak anak bermain, memberi kebebasan berimajinasi, selalu memuji serta menghargai anak. Juga jangan pernah larang anak. Jangan bilang 'tidak' kepada mereka," katanya.(*)

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013