Jumat, 29 Agustus 2014

Kemendag kucurkan Rp1,9 triliun revitalisasi pasar tradisional

Selasa, 2 Juli 2013 19:25 WIB | 2.073 Views
Kemendag kucurkan Rp1,9 triliun revitalisasi pasar tradisional
Pasar Murah Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan (kiri) saat menjual telur di Pasar murah, Sleman, Selasa (2/7). Mendag mengatakan untuk menjaga kelancaran pasokan dan stablitas harga menjelang bulan puasa dan setelah kenaikan BBM, maka Kemendag melakukan berbagi cara salah satunya mengadakan pasar murah di tiap provinsi di Indonesia. (ANTARA FOTO/Regina Safri) ()
Kebumen (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan mengucurkan dana sekitar Rp1,9 triliun untuk merevitalisasi pasar tradisional berupa 53 pasar percontohan dan 394 pasar nonpercontohan sejak 2011 hingga 2013.

"Sejumlah pasar tradisional yang direvitalisasi tersebut, 28 unit pasar di antaranya di Jawa Tengah dengan anggaran sekitar Rp180 miliar," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Kebumen, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan hal tersebut saat meresmikan lima pasar tradisional di Kebumen yang dipusatkan di Pasar Tumenggungan Kecamatan Kebumen. Pasar yang diresmikan tersebut, yakni Pasar Tumenggungan, Jatisari, Prembun, Tlogopragoto, dan Karanganyar.

Pada kesempatan tersebut Menteri Perdagangan menyerahkan secara simbolik 40 unit gerobak dan 100 unit tenda untuk PKL.

Gita Wirjawan mengatakan, setelah direvitalisasi, pasar-pasar tersebut diharapkan dapat menjadi barometer stabilitas harga, ketersediaan bahan pokok, dan dapat berperan secara strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kebumen, yang pada akhirnya berkiprah dalam kemajuan perekonomian nasional.

Selain sebagai pusat transaksi, katanya, pasar perperan penting bagi kemajuan ekonomi masyarakat dan pedagang kecil, pasar juga memainkan peran penting dalam menjaga kecukupan stok, menstabilkan harga dan meningkatkan pendapatan petani.

Menjelang Ramadhan, katanya, para pedagang dapat menyediakan pasokan barang sedangkan pemerintah kabupaten menyediakan sarana dan prasara supaya harga-harga di pasaran tetap stabil.

Pada kesempatan tersebut Menteri Perdagangan meninjau lokasi Pasar dan berdialog langsung dengan para pedagang di Pasar Tumenggungan.
(H018/N002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga