Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengumumkan langsung pemenang Abang & None Jakarta 2013 yang digelar di lapangan sisi timur silang Monumen Nasional (Monas), Rabu malam.

Jokowi, begitu ia disapa, bersama istrinya, Iriana, mengambil kertas yang berisi nama pemenang di dalam roti buaya. Meski gerimis, pasangan yang serasi mengenakan setelah khas adat Betawi itu tetap tersenyum kepada para pengunjung yang tak henti bersorak memberi dukungan.

"Abang Jakarta 2013 jatuh pada nomor 5, Dio Aufa Handoyo dari Jakarta Selatan," kata Jokowi.

Sementara None Jakarta 2013 diumumkan Iriana.

"None Jakarta 2013 Delicia Gemma Syah Marita dari Jakarta Utara," katanya. Keduanya kemudian menyematkan seledang kepada para pemenang.

Malam final pemilihan Abang & None Jakarta 2013 kali ini adalah gelaran pertama yang diadakan di luar ruangan. Sebelumnya, acara tersebut diadakan di hotel atau ruang tertutup. Ide perhelatan di ruang terbuka tercetus dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo agar lebih "merakyat" dan bisa ditonton banyak orang.

Adapun tema yang diusung tahun ini adalah Abang-None di Pesta Rakyat Gambir. Tak hanya disuguhi festival berupa pasar berisi jajanan dan permainan, pengunjung juga dihibur langsung oleh sejumlah artis seperti Bunga Citra Lestasi, Marcell, Cherrybelle, XOIX dan band Armada.

Pewarta: ade irma junida
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013