Ternate (ANTARA News) - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan, menyarankan pengelola pasar tradisional modern Bahari Berkesan di Ternate, Maluku Utara, buka dari siang hingga malam hari supaya jumlah transaksinya meningkat.

"Pasar tradisional modern ini juga sebaiknya dilengkapi dengan CCTV (kamera pengawas) untuk memudahkan pengawasan operasional pasar sekaligus untuk kepentingan pengamanan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya saat meresmikan pasar itu, Kamis.

Ia juga meminta pengelola pasar yang dibangun dengan dana Rp25,2 miliar dari pemerintah Kota Ternate dan Kementerian Perdagangan itu, sebesar Rp5 miliar diantaranya dari bantuan Kementerian Perdagangan tersebut menggratiskan biaya sewa bagi pedagang kaki lima.

Kebersihan pasar tradisional modern Bahari Berkesan juga harus dijaga agar bisa bersaing dengan pasar modern yang ada di kota ini, kata Gita.

Pemanfaatan pasar berlantai tiga tersebut, ia menambahkan, harus diatur sedemikian hingga untuk memudahkan konsumen berbelanja dan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Menteri Perdagangan mengatakan, pemerintah sudah merevitalisasi 447 pasar yang terdiri atas 53 unit pasar percontohan dan 394 pasar bukan percontohan di seluruh Indonesia.

Di Ternate, menurut Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, ada lima pasar yang secara bertahap akan dibenahi.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013