Sabtu, 20 Desember 2014

China ingin kerja sama bangun wilayah timur Indonesia

| 2.428 Views
id maritim, perikanan, maritim timur jaya, artha graha, indonesia timur, dubes china, industri maritim, industri pengolahan ikan
China ingin kerja sama bangun wilayah timur Indonesia
Duta Besar China untuk Indonesia Liu Jianchao (dua kanan) saat melihat unit pengolahan ikan Kawasan Industri Perikanan Terpadu PT Maritim Timur Jaya (Artha Graha Network), Kamis (4/7). Liu berharap kerja sama ekonomi perikanan Indonesia-China bisa diperkuat untuk mengembangkan wilayah timur Indonesia. (FOTO ANTARA/Dewanto Samodro)
Tual, Maluku, (ANTARA News) - Duta Besar China untuk Indonesia Liu Jianchao mengatakan negerinya ingin memperkuat kerja sama dengan Indonesia untuk meningkatkan ekonomi perikanan di wilayah timur.

"Kerja sama untuk mengembangkan perekonomian di wilayah timur Indonesia sesuai dengan permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat ini ada sekitar 10 perusahaan dari China yang kami arahkan ke sini," kata Liu Jianchao di Tual, Kamis.

Liu Jianchao mengunjungi basis perikanan terbesar wilayah timur yang dikelola PT Maritim Timur Jaya (MTJ) didampingi pengusaha Tomy Winata. Kunjungan tersebut juga diikuti Ketua DPRD Kota Tual Rudolph Marthen Waremra dan jajaran muspida lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Liu sempat menyaksikan unit pengolahan ikan, pengolahan rumput laut, pabrik surimi, pabrik tepung ikan, pengeringan ikan, pelabuhan dan sejumlah kapal milik PT MTJ.

"PT MTJ memiliki infrastruktur yang cukup lengkap sebagai industri perikanan. Kami memiliki pembangkit listrik, ruang penyimpanan ikan beku dan pabrik es dan lain-lain," kata Direktur PT MTJ Dipa Tamtelahitu.

"PT MTJ berkomitmen mengembangkan industri perikanan melalui kerja sama dengan investor asing dan nelayan yang ada di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara dan daerah lainnya supaya dapat membantu pemerintah memperkuat ekonomi perikanan nasional, khususnya di wilayah timur," tuturnya.

Sementara itu, Bos Artha Graha Network Tomy Winata mengatakan keberadaan PT MTJ di Tual bisa memberdayakan masyarakat dan nelayan setempat. Menurut dia, perusahaan tidak bisa menjadi kaya kalau tidak ikut menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.
 
"Ikan-ikan dan rumput laut yang diolah di PT MTJ dibeli dari nelayan dan masyarakat sekitar. Berapa pun jumlahnya pasti kami beli sehingga mereka memiliki kepastian hasil tangkapan dan budidaya mereka pasti terjual," katanya 

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga