Jakarta (ANTARA News) - Fenomena kebakaran lahan dan hutan akhir-akhir ini mendorong Komisi IV DPR RI menyetujui penambahan anggaran Kemenhut untuk membeli 3 unit helikopter.

"Melihat kebakaran akhir-akhir ini, maka kita sepakat untuk memberikan anggaran tambahan kepada Kementerian Kehutanan untuk membeli helikopter sebanyak 3 unit senilai Rp75 miliar," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Subagyo usai rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan, kebakaran hutan bisa diatasi bila sarana dan prasana memadai.

"Kalau ada helikopter, tidak akan mengalami kendala. Dari pengalaman, ketika lakukan kunker spesifik ke daerah, kita kesulitan karena tidak bisa secara langsung melihat keadaan fisik hutan secara langsung karena tak punya armada yang memadai, termasuk soal sengketa lahan," kata Firman.

Salah satu kesimpulan dari Rapat Kerja Komisi IV DPR RI menerima usulan tambahan anggaran pada tahun 2014 sebesar Rp1,229 triliun. Sebanyak Rp75 miliar dari Rp1,229 triliun itu akan dialokasikan untuk membeli 3 unit helikopter.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013