Jakarta (ANTARA News) - MPR RI memutuskan akan melantik Sidarto Danusubroto sebagai ketua MPR menggantikan Taufiq Kiemas pada Senin, 8 Juli 2013.

"Rapat pimpinan MPR memutuskan pelantikan ketua MPR pengganti Pak Taufiq pada 8 Juli mendatang," kata Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Kamis.

Menurut Hajriyanto, pimpinan MPR RI baru menerima nama calon ketua MPR pengganti Taufiq Kiemas pada Kamis ini sehingga perlu waktu untuk mempersiapkan hal-hal teknis terkait pelantikan.

Jika upacara pelantikannya diselenggarakan pada Jumat (5/7), menurut Hajriyanto, waktunya sangat mepet dan belum ada persiapan.

"Kalau waktunya terlalu mepet, maka dikhawatirkan tidak berjalan lancar dan khidmat," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, penyerahan nama pengganti Taufiq Kiemas itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kamis.

Pada pertemuan tersebut, kata Hajriyanto, pimpinan MPR RI juga telah menyerahkan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah ketua baru MPR RI.

Hajriyanto menambahkan, pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua MPR RI, pimpinan MPR RI juga mengundang pimpinan lembaga negara yakni Presiden dan Wakil Presiden, pimpinan DPR, pimpinan DPD, Ketua Mahkamah Agung, Ketua M ahkamah Konstitusi, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, serta Ketua Komisi Yudisial.

Pimpinan MPR RI menjadwalkan upara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua MPR itu pada Senin (8/7) mulai pukul 14.00 WIB.

Hajriyanto menambahkan, pimpinan MPR juga memberikan kesempatan dan penghormatan kepada seluruh fraksi di MPR RI berkonsultasi dengan induk partainya untuk penerimaan Sindarto Danusubroto.

"Rabu Jumat besok pimpinan MPR RI akan melakukan rapat gabungan dengan pimpinan fraksi-fraksi di MPR," katannya.

Sebelum telah beredar rumors beberapa nama pengganti Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR, salah satunya adalah Sidarto Danusubroto.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013