Jumat, 25 Juli 2014

Cabai merah sentuh harga Rp72.000/kg

Sabtu, 6 Juli 2013 10:57 WIB | 2.433 Views
Cabai merah sentuh harga Rp72.000/kg
Seorang pedagang melerai cabe merah di emperan kakilima pasar Tradisional Inpres Lhokseumawe Aceh. Sabtu (26/9). Pasca "meugang" lebaran Idul Fitri di Aceh harga cabe merah pasokan turun Rp35.000 perkilogram dari sebelumya Rp50.000 perkilogram. (FOTO ANTARA/RAHMAD )
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Harga cabai merah melonjak hingga Rp72.000 perkilogram menjelang bulan Ramadhan kali ini; inilah harga tertinggi dalam beberapa pekan terakhir. 

"Harga cabai merah yang didatangkan dari Sumatera Utara hari ini dijual Rp72.000 perkilogram, karena cabai merah dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat, tidak datang" ujar pedagang rempah, Sianipar, di Pasar Arengka, Pekanbaru, Sabtu.

Pasokan cabai merah dari Sumatera Barat, lanjutnya, dalam tiga hari terakhir tidak dipasarkan di Pekanbaru, sehingga harga cabai merah dari Sumatera Utara makin hari makin melonjak.

Sementara permintaan pasar mendekati bulan puasa atau masuknya bulan suci Ramadhan semakin meningkat, terutama pelanggan dari kalangan rumah makan dan masyarakat atau perorangan.

"Mulai Kamis (4/7), cabai merah dari Sumatera Barat sulit diperoleh, sehingga harganya terus naik karena terbatasnya pasokan dan hanya mengandalkan pasokan dari Sumatera Utara," ucapnya.

Anto, pedagang sayuran di Pasar Pusat mengaku, dirinya hanya menjual sedikit cabai merah untuk hari ini dan telah habis direbut oleh konsumen yang umumnya adalah masyarakat.

"Subuh tadi saya hanya mendapatkan sedikit cabai merah dari Sumatera Utara untuk dijual ke masyarakat sebanyak 10 kilo gram. Sebelum jam 08.00 WIB sudah habis, sementara cabai merah dari Bukit Tinggi tidak ada untuk hari ini," katanya.

Pada pekan sebelumnya, cabai merah asal Bukit Tinggi, Sumatera Barat dipasarkan pedangan di Kota Pekanbaru dikisaran Rp35.000 perkilogram, sedangkan cabai merah dari Sumatera Utara dijual Rp32.000 per kilo gram.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga