Palu (ANTARA News) - Harga daging sapi dan ayam di Palu, Sulawesi Tengah, menjelang Ramadhan naik dibandingkan sebelumnya.

"Harga daging sapi dijual pedagang di pasar tradisional Masomba Palu naik dari Rp75 ribu, kini menjadi Rp80 ribu per kilogram," kata Ny Yuliani (45), salah seorang ibu rumah tangga di Palu, Sabtu.

Kenaikan sama juga terjadi pada daging ayam yang sebelumnya dijual pedagang rata-rata Rp25 ribu, kini naik menjadi Rp45 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikan itu menyusul harga di tingkat peternak naik sebagai dampak dari kebijakan pemerintah yang telah menaikkan harga BBM per 19 Juni 2013.

"Kami pedagang hanya menyesuaikan harga agar tidak merugi," katanya Denny.

Ia mengatakan harga ayam potong di tingkat peternak sebelumnya dibeli pedagang Rp17.500,00 per kilogram, kini naik menjadi Rp22.000,00 per kilogram.

Selain harga di tingkat peternak mengalami kenaikan, stok ayam potong kurang, sementara permintaan masyarakat menjelang ramadhan cenderung mengalami peningkatan cukup signifikan.

Sejak harga daging sapi naik, banyak konsumen yang beralih membeli daging ayam.

Meski stok ayam potong kurang, tetapi para pedagang menjamin masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Denny mengaku sebagian ayam potong yang dijual di pasar-pasar tradisional di Kota Palu juga didatangkan pedagang dari luar daerah seperti Sulawesi Selatan.

"Kami seminggu sekali mendatangkan ayam potong dari Makassar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Palu," katanya.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013