Mudah-mudahan pada race kedua Minggu waktu setempat bisa lebih baik lagi
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto menempai posisi ke-18 pada race pertama "feature race" seri keenam lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Nurbugring, Jerman.

"Hasil race pertama ini memang tidak sesuai dengan harapan kami mengingat dulu pada lomba balap mobil GP3, Rio pernah menjadi juara pertama di sini," kata Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Minggu.

Rio Haryanto yang tergabung di tim Addax Barwa tersebut masuk garis finis dari 32 putaran yang ditempuh pada posisi ke-18 dengan catatan waktu satu jam 01 menit 00,306 detik (1.01.00.306).

Menurut dia, pada saat tampil di GP3, Rio Haryanto berhasil meraih podium satu dalam kondisi hujan lebat juga di Sirkuit Nurbugring Jerman beberapa tahun yang lalu.

Tetapi, kata dia, pada GP2 Series sekarang ini berlangsung dalam kondisi cuaca yang panas. "Rio merasakan mobilnya tidak enak sejak latihan resmi dan babak kualifikasi pada Jumat (5/7)," katanya.

Mobil yang dikendarai pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut, menurut dia, terus terasa "understeer" sehingga tidak bisa memacu mobilnya dengan maksimal.

"Mudah-mudahan pada race kedua Minggu waktu setempat bisa lebih baik lagi," katanya menegaskan.

Rekan satu tim Rio Haryanto, pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig menempati posisi ke_23 dengan catatan waktu satu jam 01 menit 25,713 detik.

Jake semula terkena penalti tetapi akhirnya diubah hanya pengurangan waktu 20 detik karena menyebabkan tabrakan dengan pebalap tim Trident Natanael Berthon pada putaran keempat.

Sementara itu juara pertama pada "feature race" ini ditempati pebalap tim DAMS M Ericsson dengan catatan waktu satu jam 16,988 detik (1.00.16.988) disusul James Calado (ART Grand Prix) dengan catatan waktu 1.00.24.848, sedangkan ketiga adalah S Coletti dari tim Rapax dengan catatan waktu 1.00.31.903.

Sampai berakhirnya race pertama di Nurbugring Jerman ini, Rio Haryanto yang berusia 20 tahun menempati peringkat ke-18 klasemen sementara dengan total mengumpulkan 20 poin.

Peringkat pertama klasemen sementara ditempati pebalap tim Rapax S Coletti dengan total poin 120, kedua adalah pebalap F Nasr dari tim Carlin dengan mengumpulkan 100 poin, sedangkan ketiga adalah Samuel Bird dari tim Russian Time dengan total poin 89.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013