Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional muda Irak melangkah ke semifinal Piala Dunia Under 20 (U-20) setelah mengalahkan lawan Asianya, Korea Selatan, melalui adu penalti dengan skor akhir 5-4 di Kayseri, Turki, Senin dinihari WIB (8/7/13).

Irak memenangi adu penalti setelah berhasil membuat 5 gol dari enam tendangan dari titik putih, sementara Korea Selatan terhenti langkahnya setelah dua penendang penaltinya gagal melewati kiper Irak, Mohammed H.

Laga perempatfinal antara Korea Selatan melawan Irak begitu dramatis karena kedua tim saling berbalas gol pada babak perpanjangan waktu setelah bermain imbang 2-2 dalam 90 menit plus 3 menit injury time.

Pada babak pertama, Irak lebih dulu unggul melalui hadiah tendangan penalti pada menit 21, usai Kim Hyun telah melanggar pemain Irak.

Ali F yang menjadi eksekusi penalti, menyarangkan bola dengan baik ke gawang Korea yang dijaga Lee Changgeun.

Akan tetapi, hanya selang empat menit kemudian, Korsel berhasil menyamakan angka di papan skor menjadi 1-1 melalui aksi Kwon Changhoon menit 25.

Sebelum babak pertama berakhir, pada menit 42 Farhan membuat Irak kembali unggul. Hingga turun minum Irak memimpin dengan 2-1.

Korsel yang menang dalam penguasaan bola, mengawali babak kedua dengan baik. Bahkan, Lee Gwanghun bisa membuat gol menjadi imbang 2-2. Gol penyama dari Gwanghun itu tercipta setelah pemain Irak Saif melakukan pelanggaran.

Kedudukan 2-2 bertahan hingga babak kedua usai, dan memaksa kedua tim melakoni babak perpanjangan waktu.

Irak sempat begitu yakin akan memenangi pertandingan ketika Farhan mencetak gol pada menit 118 yang membawa timnya unggul 3-2 dari Korsel.

Tapi rupanya selebrasi Irak bukan akhir untuk kemenangan, karena selang empat menit kemudian--persis di akhir babak kedua perpanjangan waktu--Jung Hyuncheol membuat kedudukan menjadi imbang lagi 3-3.

Gol Hyuncheol menit 122 telah membawa Irak dan Korea Selatan harus menyelesaikan pertandingan melalui adu penalti.

Namun kemenangan milik Irak, dua tendangan penalti pemain Korsel gagal bersarang di gawang. Irak melangkah ke semifinal dengan memenangi adu penalti 5-4.

Di semifinal sudah menunggu Prancis dan Uruguay. Prancis melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Uzbekistan 4-0 dengan dua gol di antaranya dicetak dari titik penalti, sedangkan Uruguay mengkandaskan Spanyol 1-0 melalui pertarungan alot babak perpanjangan waktu.

Pada pertandingan lain, Ghana dan Chili tengah berebut tiket ke semifinal, dengan pemenangnya akan menghadapi Prancis memperebutkan tempat final, demikian mengutip data rangkuman pertandingan yang dilansir laman FIFA.

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013