Indonesia mengajukan menembak karena memiliki Stadion Menembak di Kompleks Olahraga Jakabaring...
Palembang (ANTARA News) - Indonesia mengajukan cabang olahraga menembak dipertandingkan pada Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, karena Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah memiliki arena bertaraf internasional.

"Indonesia mengajukan menembak karena memiliki Stadion Menembak di Kompleks Olahraga Jakabaring yang telah berstandar internasional dan terbaik di Asia Tenggara. Jika tidak digelar dirasakan sayang sekali," kata Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Maryamah di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan, pengajuan cabang olahraga menembak itu dilatari juga keinginan Indonesia mengantikan cabang olahraga senam karena terkendala pada ketersediaan peralatan pertandingan.

Peralatan pertandingan senam yang tersedia di Gedung Olahraga Ranau Kompleks Olahraga Jakabaring terbilang tidak lengkap, karena sebagian besar telah dibawa ke Jakarta oleh Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia seusai pelaksanaan SEA Games tahun 2011.

Jika pun tetap akan digelar maka Indonesia harus menyediakan peralatan tersebut dalam waktu hanya dua bulan mengingat ISG akan digelar pada akhir September 2013.

"Indonesia baru mengajukan dan masih menunggu jawaban dari federasi ISG tingkat dunia mengenai keinginan menggelar menembak ini," ujarnya.

Ia menambahkan, pada perhelatan olahraga negara-negara Islam anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) direncanakan akan mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Ke-13 cabang olahraga itu adalah atletik, bola voli indoor, bola voli pantai, bola basket, wushu, taekwondo, karate, senam, renang, bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, dan angkat besi.

"Arena pertandingan sebagian besar akan dipusatkan di Kompleks Olahraga Jakabaring meskipun terdapat beberapa cabang olahraga berada di hotel," ujarnya.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013