... India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia dan dunia."
Jakarta (ANTARA News) - Bank Internasional Indonesia (BII) mulai mengoperasikan kantor cabang di Mumbai, India, pada Rabu guna memperkuat kehadiran BII dan Grup Maybank di luar kawasan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Aktivasi cabang BII Mumbai disetujui regulator perbankan atau dua bank sentral, yakni Reserve Bank of India dan Bank Indonesia (BI), demikian keterangan pers BII kepada ANTARA News, Rabu.

Dengan arus perdagangan antara India dan negara-negara ASEAN mencapai 79 miliar dolar Amerika Serikat (AS) yang diharapkan dapat mencapai 100 miliar dolar AS pada 2015, BII cabang Mumbai akan menfokuskan bisnis perbankan di kawasan ini.

Cabang akan menyediakan penyedia dagang (host of trade) dan valuta asing maupun produk dan jasa perbankan lain untuk perusahaan-perusahaan India yang memiliki kepentingan bisnis di kawasan ASEAN dan sebaliknya.

BII Mumbai juga akan melayani nasabah Grup Maybank dan mitra usahanya untuk kebutuhan perbankan mereka di India.

Pada operasional awalnya, BII cabang Mumbai akan melayani nasabah dengan produk-produk perbankan dasar, seperti tabungan, giro dan fasilitas pinjaman. Adapun produk perbankan yang lebih lengkap mulai tersedia September 2013.

"Operasional BII di Mumbai akan membuka peluang bisnis baru yang potensial bagi BII mengingat India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia dan dunia," demikian Presiden Direktur BII, Dato Khairussaleh Ramli.

BII Mumbai terletak di One Indiabulls Center, Tower 2B, Elphinstone Road (Barat), Mumbai, kawasan bisnis baru yang tengah berkembang di pusat Mumbai. (*)

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013