Sungai Raya, Kalbar, (ANTARA News) - Aktivitas penerbangan di bandara Supadio Pontianak jelang pelaksanaan hingga pada puasa hari pertama, Rabu mengalami peningkatan hingga 17 persen dibanding jelang Ramadhan tahun 2012.

"Sejumlah maskapai penerbangan bahkan menambah jadwal penerbangan sejak satu pekan lalu. Ini menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam penerbangan Kalimantan Barat," kata Kepala Dinas Operasi PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani, di Sungai Raya, Rabu.

Menurutnya, akibat peningkatan jumlah penumpang tersebut, tiket penerbangan saat ini sulit didapat masyarakat pengguna jasa penerbangan. Pasalnya, dari laporan setiap maskapai yang ada, hingga H+ 5 pelaksanaan Lebaran, tiket habis dipesan oleh masyarakat.

"Makanya Garuda, Lion, Sriwijaya dan maskapai lainnya menambah penerbangan mereka dan rencananya Sriwijaya juga akan melakukan penambahan penerbangan hingga akhir Desember," katanya.

Bahkan Syarif Usmulyani menambahkan, maskapai sekelas Manunggal Air saja berencana melakukan ekstra penerbangan, dengan menambah penerbangan Pontianak-Jakarta, padahal maskapai ini sebelumnya hanya melayani penerbangan regional Kalimantan," katanya.

Usmulyani mengatakan, jika pada biasanya Garuda hanya melakukan tujuh penerbangan sehari, namun sejak satu pekan lalu menjadi delapan penerbangan. Hal itu juga dilakukan oleh maskapai Lion, dari tujuh menjadi delapan penerbangan setiap harinya.

"Demikian dengan Sriwijaya, dimana pada hari biasa hanya melayani enam kali penerbangan, namun saat ini menjadi tujuh penerbangan," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013