Ini ujicoba bagi para atlet pelatnas, selain Indonesia Open Oktober nanti menjelang berlangsungnya SEA Games Myanmar, mereka harus serius bertanding di sini, ini kesempatan bagi untuk mengasah kemampuan para atlet pelatnas,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum demisioner PB Percasi GM Utut Adianto mengingatkan kepada para atlet pelatnas cabang catur agar memanfaatkan turnamen catur cepat SO Nice Ramadhan Cup ke-5 sebagai ajang mengasah kemampuan menjelang SEA Games 2013 Myanmar yang akan berlangsung pada Desember mendatang.

"Ini uji coba bagi para atlet pelatnas, selain Indonesia Open Oktober nanti menjelang berlangsungnya SEA Games Myanmar, mereka harus serius bertanding di sini, ini kesempatan bagi untuk mengasah kemampuan para atlet pelatnas," kata Utut Adianto kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Turnamen catur cepat SO Nice Ramadhan Cup 2013 yang akan berlangsung 13 - 14 Juli 2013, diikuti sekitar 350 pecatur yang datang dari Pengprov-Pengprov se Indonesia, yang akan bertanding dalam sistem Swiss sembilan babak, hari pertama, Sabtu empat babak dan hari kedua Minggu lima babak pertandingan.

"Ini catur cepat 25 menit, pertandingan akan berlangsung dua hari, hari pertama empat babak dan hari kedua lima babak," kata Utut yang dalam turnamen ini sebagai ketua panitia turnamen.

Pada turnamen tahun ini hadiah yang disediakan panitia mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, dimana tahun lalu Rp46.450.000 untuk 79 pemenang, tahun ini menjadi Rp50.700.000, dan selain tiga pecatur terbaik wanita, juga berhak mendapatkan hadian pemenang di junior putra dan putri di bawah 18 tahun, serta junior putra di bawah 14 tahun.

Rencananya turnamen catur cepat itu akan dibuka oleh Menpora Roy Suryo di gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Dikatakan panitia, selama turnamen catur cepat itu akan dilangsungkan "coaching clinic" kepada para pecatur, dan itu dilakukan ketika jeda seusai babak pertandingan.

"Nanti akan ada coaching clinic kepada para pecatur yang diberikan oleh pelatih asing kami, itu bisa dilakukan saat jeda seusai pertandingan berlangsung," tambah Utut. (ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013