Penantian panjang pembangunan infrastruktur strategis ini memang betul-betul telah membuahkan hasil yang amat melegakan dan membanggakan.
Padang (ANTARA News) - Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang, dan Permukiman Sumatera Barat, Suprapto, di Padang, Rabu, mengatakan Jembatan Kelok-9 ditargetkan siap digunakan pada musim arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Menurut Suprapto, kendaraan bisa melintasi Jembatan Kelok-9 mulai H-10 hingga H+10 Lebaran, mengingat masih ada tahapan pengerjaan jembatan yang sekitar dua sampai tiga persen hingga tuntas sepenuhnya.

Proyek Jembatan Kelok-9 dimulai pada tahun 2003 dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus mendatang.

Jembatan yang menghabiskan dana Rp584 miliar ini terdiri atas enam jembatan dari berbagai tipe super structure total sepanjang 964 meter, dalam konfigurasi dua lingkaran di antara dua sisi tebing plateu Harau.

Kawasan ini juga akan dikembangkan sebagai daerah unggulan tujuan wisata dengan Jembatan Kelok-9 sebagai ikonnya.

Jembatan Kelok-9 merupakan jembatan yang terletak di ruas jalan nasional rute Sumatera Barat--Pekanbaru yang menjadi penghubung lintas timur Sumatera--lintas barat Sumatera yang berada di kawasan Hinterland Koridor Sumatera.

Sementara itu Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak mengatakan, bahwa penantian panjang pembangunan infrastruktur strategis ini memang betul-betul telah membuahkan hasil yang amat melegakan dan membanggakan.

Selanjutnya, pemerintah berencana membangun jalan tol Trans Sumatera yang antara lain meliputi ruas Padang--Dumai.

Dengan jalan tol, diharapkan pembangunan ekonomi dan sosial di kawasan setempat akan melaju pesat karena didukung oleh kecepatan mobilitas logistik barang.

(KR-SA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013