Jakarta (ANTARA News) - Berpuasa di bulan Ramadhan dapat berarti mengubah kebiasaan makan dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Pakar nutrisi Jihan Abdulatif berbagi tips untuk menjaga nutrisi seimbang selama berpuasa. Ia mengatakan makanan untuk berbuka harus bergizi, mengandung sayuran dan buah untuk menjaga tubuh selama berpuasa.

Menurutnya sup merupakan dan jus segar adalah menu ideal untuk berbuka puasa.

"Sup hangat dan mengenyangkan. Sup banyak mengandung bahan-bahan alami, vitamin, dan gizi penting lainnya ketimbang menggoreng sayuran atau daging," kata Abdulatif, seperti yang dikutip dari Arab News.

"Sup juga baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Pastikan sup itu penuh protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang ada di sayuran, daging, atau kacang," tambahnya.

Selain sup, seperti sunnah Nabi Muhammad, kurma juga baik dimakan saat berbuka. Kurma merupakan sumber serat, vitamin, dan protein.

"Kurma meningkatkan sistem pencernaan karena mengandung asam amino. Kurma juga sumber energi karena mengandung gula alami," jelasnya.

Ia menyarankan selain dimakan langsung, membuat jus kurma yang dicampur susu dapat membuat tubuh bugar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Abdulatif juga menyarankan banyak mengonsumsi air antara waktu berbuka puasa dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

"Cairan seperti jus segar dan air membantu menjaga cairan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengganti nutrisi yang hilang selama berpuasa," katanya.

Menurutnya, air memegang peranan penting dalam penurunan berat badan karena membantu proses detoksifikasi.

Ia menyarankan minum lebih dari delapan gelas sehari bila tubuh banyak berkeringat. Makanan yang mengandung garam dan pedas sebaiknya dihindari karena membuat cepat haus.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013