produk unggulan daerah tidak bisa diciptakan seperti membalik telapak tangan.
Muara Teweh (ANTARA News) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah siap bekerjasama dengan instansi lain dalam mengembangan produk unggulan sebagai ciri khas daerah setempat.

"Selama ini menjadi sorotan terkait Barito Utara belum mempunyai produk unggulan yang merupakan ciri khas daerah," kata Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Barito Utara (Barut), Roosmadian Noor, di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Roosmadian Noor, Upaya pembinaan selama ini bukan tidak dilakukan, hanya saja masih dirasakan kurang fokus dan hanya dilakukan secara parsial saja.

Justru ini salah satu faktor penyebabnya. Bertolak dari hal tersebut, sangatlah tepat bila pengembangan produk unggulan ini dilakukan secara terpadu dalam pembinaannya antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis terkait.

"Keberadaan produk unggulan ini tidak lepas dari indusria kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) selaku pelaksananya," kata dia.

Roosmadian Noor mengatakan, usaha yang menghasilkan produk melalui pengolahan di kelompokkan dalam IKM (industri kecil menengah) semuanya termasuk di dalam kelompok UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dismping usaha jasa/pelayanan.

Terkait kontek dalam pengembangan produk unggulan ini, maka perlu lebih fokus dalam membina para IKM ini kedepan secara bersama dan terpadu.

"Faktor non teknis juga merupakan kendala dalam pengembngan produk unggulan ini, bahkan faktor ini yang mungkin pengaruhnya lebih besar, misalnya faktor iklim usaha, konsumen dan lain-lain," katanya.

Ia menjelaskan, produk unggulan daerah tidak bisa diciptakan seperti membalik telapak tangan, karena terkait dengan beberapa faktor di atas tadi. Oleh karenanya perlu ditumbuh kembangkan secara bertahap namun harus dilakukan terus menerus dan fokus.

Untuk itu perlu kiranya dibuat road map pengembangan produk unggulan dengan memperhatikan potensi SDM dan SDA yang tersedia di daerah ini. Di sisi lain perlu menumbuhkan iklim usaha yang mendukung tumbuh kembangnya kalangan IKM dan UMKM, mungkin dengan regulasi yang lebih mengena bagi pengembangan usaha kecil.

"Jangan lupa pula bahwa masih melimpahnya kekayaan alam kita membuat banyak pilihan berusaha dengan hitungan hitungan ekonomis, tapi tidak salahnya kita sekarang memulainya sebelum nanti kekayaan alam di Kabupaten Barito Utara menipis sementara kita belum punya kepandaian dan ketrampilan membuat produk unggulan. Faktor mental wirausaha pengrajin juga salah satu yang perlu di kuatkan, melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan, manajemen dan lain-lain," kata Rosmadian Noor.

Di Kabupaten Barito Utara ada beberpa produk yang mungkin bisa di kembangkan yaitu, produk olahan pangan, mengingat hasil pertanian di daerah ini cukup melimpah, selain itu produk kerajinan, anyaman, meubel dari rotan, hiasan dan lain-lain.

(K009)

Pewarta: Kasriadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013