GMF Learning Services diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan internal GMF terhadap teknisi perawatan yang handal, terampil, dan memiliki kompetensi berskala global.
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan perawatan pesawat Indonesia, PT Garuda Maintanance Facility (GMF) AeroAsia, mendapatkan pengakuan dari otoritas penerbangan Uni Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA).

"Kami bersyukur organisasi pelatihan yang dilaksanakan oleh GMF Learning Services telah diakui di level internasional," kata Wakil Presiden Learning Services and Corporate Culture GMF, Hermawan Syahrul, di Jakarta, Senin.

Ia memaparkan kepastian GMF meraih pengakuan itu diperoleh setelah EASA mengirimkan keterangan tertulis secara resmi yang ditandatangani Kepala Departemen Organisasi EASA, Wilfred Schulze.

Keterangan tertulis tersebut diterima pada 13 Juli dan merupakan pengukuhan hasil audit yang telah dilaksanakan EASA terhadap GMF AeroAsia pada 15--17 Mei 2013.

Dengan memiliki sertifikasi pengakuan, maka kualitas pelatihan sekaligus pengujian peserta pendidikan perawatan pesawat yang diselenggarakan oleh GMF diakui oleh EASA.

Dalam sertifikasi ini, EASA menyatakan GMF sebagai organisasi pelatihan perawatan pesawat telah memenuhi persyaratan dengan Section A of Annex IV (Part 147) of Regulation No 2042/2003.

"Dengan demikian, organisasi pelatihan perawatan pesawat yang dijalankan oleh GMF Learning Services telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan EASA, termasuk item-item yang harus dipenuhi dalam audit Mei 2013," katanya.

Menurut Hermawan, GMF Learning Services diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan internal GMF terhadap teknisi perawatan yang handal, terampil, dan memiliki kompetensi berskala global.

Selain itu, ujar dia, juga untuk memenuhi kebutuhan eksternal, baik industri penerbangan nasional maupun internasional yang membutuhkan layanan pendidikan teknisi perawatan pesawat.

Ia menyatakan, dengan memiliki sertifikat pengakuan nasional dan internasional, maka jasa pelatihan perawatan pesawat telah menjadi salah satu keunggulan GMF AeroAsia dalam mengembangkan kompetensi sumber daya manusianya.

"Organisasi pelatihan perawatan ini menjadi nilai lebih bagi GMF di pasar perawatan pesawat dunia," ujar Hermawan.

(M040)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013