Pertemuan ini sangat baik untuk kita di mana ini merupakan langkah awal dari pertemuan yang akan ditindaklanjuti.
Jakarta (ANTARA News) - Manajemen klub Persija Jakarta dan Persib Bandung sepakat mengakhiri pertikaian antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh.

Manajer Persija Jakarta Ferry Paulus dan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar bergandengan tangan di depan Ketum PSSI Johar Arifin dan disaksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta Asisten Gubernur bidang Permukiman Hendriyono di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senin.

"Pertemuan ini sangat baik untuk kita di mana ini merupakan langkah awal dari pertemuan yang akan ditindaklanjuti. Setelah ini kami akan ada pertemuan internal Jakmania di acara buka bersama," kata Ferry.

Ia mengatakan perdamaian antara The Jakmania dan Bobotoh tidak hanya wacana, tetapi harus ada kelanjutan setelah pertemuan itu.

"Upaya baru pada tingkat atas, setelah ini yang terpenting tindak lanjut ke depan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengatakan dengan terjalinnya pertemuan antara manajemen Persija dan Persib, mudah-mudahan hubungan keduanya semakin baik.

"Terima kasih Menteri meluangkan waktu untuk kami. Insya Allah niat baik ini akan berhasil. Saya akan melakukan sosialisasi, tetapi tidak bisa mengintervensi langsung kepada Bobotoh dan Viking," ujar dia.

"Pelan-pelan kita cari jalan terbaik, dan di Bandung itu ada dua kubu dalam Bobotoh itu sendiri, bahkan ketuanya tidak akur, mudah-mudahan bisa solid, dan bersama-sama bersatu mencari jalan yang terbaik," kata dia.

Terkait langkah konkret apa yang akan diambil, ia mengatakan pihaknya belum siap untuk mengambil upaya apapun selain terus bertemu dengan Bobotoh dan Viking.

Sebelumnya, Menpora Roy Suryo mempertemukan manajer Persija Ferry Paulus dengan manajer Persib Bandung Umuh Muchtar dalam rangka mendamaikan perselisihan antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh.

"Malam hari ini diawali dengan niat yang baik kita mengawali kebersamaan antara Jakmania yang diwakili oleh manajer Persija Ferry Paulus dengan Viking dan Bobotoh diwakili manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, di depan Ketum PSSI Johar Arifin dan disaksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta Asisten Gubernur bidang permukiman Hendriyono, mari kita mendamaikan perselisihan antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh," ujar Roy Suryo dalam acara buka puasa bersama di halaman Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin.

Menurut dia, pertemuan malam ini merupakan embrio awal dari adanya kebersamaan antara kedua kelompok suporter yang bertikai

"Malam hari ini adalah bagaimana embrio awal kebersamaan dari sepakbola Indonesia, tidak akan ada timnas Belanda, Arsenal maupun Liverpool tanpa kesatuan PSSI. Kalau di atasnya berdamai kenapa yang di bawah-bawah masih ribut," kata dia.

(A063/N002)

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013