Dalam gambar USG beberapa kali kami hanya melihat satu janin yang tumbuh
Atlanta (ANTARA News) - Seekor panda di kebun binatang Atlanta memberikan kegembiraan dengan melahirkan bayi kembar pada Senin, menjadi kejutan bagi petugas kebun binatang karena semula memperkirakan kelahiran hanya seekor bayi.

Lun Lun melahirkan dua bayi mungil tak berbulu pada pukul 6.21 dan 6.23 sore waktu setempat, sebagai bayi panda pertama yang lahir di Amerika Serikat pada 2013, kata petugas kebun binatang.

"Kami tidak pernah mengira mendapat bayi kembar, meskipun tidak mengesampingkan kemungkinannya," kata Dwight Lawson, wakil direktur Kebun Binatang Atlanta dan menambahkan bahwa panda sangat jarang melahirkan bayi kembar.

"Dalam gambar USG beberapa kali kami hanya melihat satu janin yang tumbuh."

Bayi panda kembar belum pernah dilahirkan di Kebun Binatang Atlanta, kata petugas. Lun Lun sudah melahirkan tiga bayi di tempat itu.

Panda raksasa termasuk satwa langka di habitatnya, penggunungan di China tengah. Diperkirakan sekitar 1.600 panda hidup di alam bebas dan sekitar 300 telah ditangkap kebanyakan berada di kebun binatang di China, kata petugas kebun binatang.

Jenis kelamin bayi belum bisa ditentukan segera, kata Lawson.

Bayi panda berukuran sekitar setengah cangkir, berwarna merah muda, tanpa bulu dan buta sedangkan sang induk, Lun Lun berbobot 91 kg.

Bayi panda berukuran sekitar 1/900 dari ukuran induknya, menurut Taman Nasional Kehewanan Smithsonian.

Di alam bebas panda kerap melahirkan bayi kembar tetapi hanya bisa membesarkan seekor anaknya dalam satu masa pengasuhan, dan membiarkan seekor anaknya yang lain, kata Lawson.

Namun di kebun binatang bisa diatur, petugas akan meletakkan seekor bayi lainnya di dalam inkubator sementara induk merawat bayi lain, dan menukar-nukarnya sehingga Lun Lun akan mempunyai kesempatan untuk berhasil membesarkan kedua bayinya, ujar Lawson.

"Secara fisik menyulitkan bagi induk panda untuk merawat lebih dari seekor bayi," katanya.

Pihak kebun binatang akan bekerjasama dengan ahli dari China untuk memberi nama si kembar setelah mereka berumur 100 hari.

Contohnya, bintang rock Taiwan, Su Huilun memberi nama Lun Lun sedangkan aktor Jack Black telah memberi nama bayi yang sebelum ini dengan Po, seperti nama tokoh panda dalam film Kung Fu Panda yang suaranya diisi oleh Black.

Bayi itu adalah bayi ke empat dan ke lima yang dilahirkan Lun Lun dengan pejantan Yang Yang, keduanya berumur 15.

Bayi pertama mereka, Mei Lan (6) kini berada di pusat penelitian Chengdu, China, untuk penelitian pengembangbiakan panda raksasa.

Dua bayi lain Xi Lan berumur empat tahun dan Po, dua tahun berada di kebun bintang tersebut namun direncanakan pindah ke China akhir tahun ini.

Semua anak-anak panda itu lahir melalui sistem pembuahan buatan.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013