Rasanya nikmat, maknyuss...,"
Pekanbaru (ANTARA News) - Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, putera dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, memuji sentra kerajinan rotan di Jalan Yos Sudarso Kota Pekanbaru, Riau, sebagai pusat kerajinan yang tertata rapi dengan produknya yang berkelas.

Pada kunjungannya disela Safari Ramadhan Partai Demokrat di Pekanbaru, Selasa, Ibas terlihat sampai beberapa kali berpindah tempat duduk untuk menjajal kursi beranyam rotan karya perajin setempat. Kepada Antara, Sekretaris Umum Partai Demokrat ini memuji kursi rotan "made in Riau" rasanya sangat nyaman.

"Rasanya nikmat, maknyuss...," ucap Ibas dengan spontan.

Ibas juga menyempatkan diri untuk mendengarkan keluhan dari para perajin. Selain itu, ia juga memberi masukan kepada perajin untuk kemajuan produk rotan Riau.

"Setiap produk mebel rotan seharusnya diberi label "Made In Riau" supaya bisa lebih dikenal," katanya.

Ia berharap, perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk kemajuan usaha kreatif agar diperbesar melalui bantuan dana bergulir. Selain itu, pemerintah perlu terus mendorong perajin skala kecil yang masih tergoling usaha mikro dan menengah, agar mendapatkan modal dari bank.

"Ini bukan kunjungan pertama saya ke sentra UMKM, justru kondisi perajin di Pekanbaru ini lebih rapi dan terlokalisir dengan baik dibandingkan daerah lainnya yang butuh perhatian. Saya berharap potensi lokal berbasis kreativitas ini bisa terus dikembangkan," ujarnya.

Dalam Safari Ramadahan tersebut Ibas bersama pengurus DPD Demokrat Riau, diantaranya ketua DPD Demokrat Riau Drs Achmad MSi, dan Ketua DPC PD Pekanbaru, Firdaus ST MT, serta seluruh Caleg DPRD Kota Pekanbaru dan pengurus di Riau.

Selama safari tersebut panitia menyiapkan 600 paket santunan untuk fakir miskin yang terbagi di tiap daerah yang dikunjungi. Setelah kunjungan ke sentra rotan Pekabaru, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Rencananya rombongan akan meninjau Pasar Tualang dan melaksanakan shalat Dzuhur di Masjid Nurul Huda, Perawang.

Dari Perawang, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, untuk melaksanakan shalat Ashar di Masjid Al-Muttaqin.

Sedangkan, untuk berbuka puasa, Ibas bersama rombongan akan melaksanakan buka puasa bersama masyarakat di Masjid Raya Pekanbaru. Selama safari Partai Demokrat menyiapkan sekitar 600 paket santunan untuk fakir miskin yang dibagikan disetiap daerah yang dikunjungi.

Dalam Safari Ramadhan tersebut, Ibas juga sekaligus mensosialisasikan pasangan Achmad-Masrul Kasmy, Calon Gubernur Riau yang diusung Partai Demokrat pada Pilkada Riau 2013.

(F012/E001)

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013