...memberi kami senyum lebar, dan memberikan respon sangat baik ... dengan matanya, dan dia mengangguk serta kadang-kadang mengangkat tangannya ingin berjabat tangan."
Johannesburg, Gauteng (ANTARA News) - Nelson Mandela mengalami kemajuan "luar biasa" di rumah sakit dan bahkan dapat menonton televisi, kata putrinya, Rabu, tepat menjelang ulang tahun ke-95 ikon anti-apartheid itu.

"Dia mengalami kemajuan luar biasa," kata Zindzi Mandela kepada media Inggris Sky News, lapor AFP.

Zindzi mengatakan ia mengunjungi Mandela pada Selasa dan melihat Mandela "menonton TV dengan menggunakan headphone".

Ia "memberi kami senyum lebar, dan memberikan respon sangat baik ... dengan matanya, dan dia mengangguk serta kadang-kadang mengangkat tangannya ingin berjabat tangan," katanya.

Zindzi, putri termuda Mandela dengan mantan istrinya Winnie Madikizela-Mandela, mengaku bahwa sebelumnya keluarga besarnya sangat khawatir dengan kondisi Mandela.

"Ada waktu di saat kami semua sangat cemas dan khawatir, dan kami siap untuk yang terburuk," katanya. "Tapi dia terus memukau kami setiap hari. "

Istri Mandela Graca Machel, Jumat lalu, mengatakan Mandela memberikan reaksi baik terhadap pengobatannya. Dia juga mengaku kini lebih tenang dan tidak secemas beberapa pekan lalu terkait kesehatan Mandela.

Mandela dirawat ke rumah sakit Pretoria pada 8 Juni karena infeksi paru-paru yang berulang.

Kondisinya sejak saat itu telah disebutkan kritis tetapi stabil.

Informasi dari Zindzi adalah informasi terbaru seiring munculnya serangkaian suara optimis, yang tampaknya menunjukkan jika kondisi pemenang Penghargaan Nobel Perdamaian itu memang telah nyata membaik.

Pengganti Mandela, Presiden Thabo Mbeki, bahkan menyebutkan jika Mandela mungkin dapat segera pulang ke rumah.


Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013