London (ANTARA News) - Segala hal tidak akan pernah sama lagi bagi Wayne Rooney sejak satu hari pada Oktober 2010 ketika Alex Ferguson mengejutkan para pewarta dengan melaporkan bahwa bintang Manchester United meminta ditransfer.

Percikan kecil itu dengan cepat dikaitkan dengan kemungkinan keinginan kenaikan gaji, namun setelah hampir tiga tahun berlalu, menurut beberapa sumber yang dilaporkan media Inggris Raya, penyerang Inggris itu sekarang ingin meninggalkan Old Trafford.

Surat kabar The Sun membuat hal ini terasa mengandung kepentingan nasional yang besar pada Rabu, ketika mereka menjadi kasus Rooney sebagai topik utama di halaman dengan, dan mencantumkan judul "Rooney: Mengapa saya ingin keluar dari Manchester United."

Setiap lembar mencantumkan kutipan dari "narasumber-narasumber" anonim yang mengatakan bahwa pemain depan itu "bingung dan marah" terhadap komentar-komentar yang dilontarkan pelatih baru United David Moyes mengenai peran masa depan Rooney di klub tersebut.

Rooney masih memiliki dua tahun tersisa di kontraknya di mana ia dilaporkan mendapat gaji sebesar 250.000 pound per pekan, dan ketika United mengadakan tur ke Timur Jauh dan Australia, ia kembali ke Inggris untuk mendapat perawatan akibat mengalami cedera otot paha belakang dan kemungkinan akan absen pada awal musim baru.

Pemain 27 tahun yang merupakan ayah dua anak itu sedang berada di persimpangan jalan pada karirnya, di mana tawaran Chelsea untuk merekrut dirinya telah ditolak kubu United.

Untuk kurun waktu yang lama ia merupakan pemain kunci pada rencana-rencana Alex Ferguson di Old Trafford, namun tingkat kepentingan Rooney telah diminimalisir pada musim lalu dengan kedatangan Robin van Persie dari Arsenal.

Pemain Belanda itu menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Utama Inggris ketika mereka menjadi juara. 26 gol yang ia sumbangkan berbanding 12 gol yang ditorehkan Rooney, sedangkan Van Persie memiliki 65 tembakan tepat sasaran berbanding 35 tembakan yang dilepaskan Rooney.

Hiruk-pikuk terkini

Hal yang memicu hiruk-pikuk terkini adalah apa yang dikatakan Moyes di Bangkok pada Selasa, memberi indikasi bahwa Rooney tidak lagi otomatis terpilih sebagai penyerang utama.

"Pemikiran saya adalah bahwa jika untuk alasan apapun, kami kesulitan karena Robin cedera, kami akan memerlukan dia," ucapnya kepada para pewarta yang hampir sama mengejutkannya dengan

Sentimen Moyes terlihat kontras dengan apa yang ia katakan ketika ia menjalani perkenalan pertamanya sebagai pelatih United pada awal bulan ini, di mana ia berkata bahwa Rooney tidak dijual.

"Ia adalah pemain Manchester United dan akan tetap menjadi pemain Manchester United. Saya telah mengenal Wayne sejak ia berusia 16 tahun...dan saya tidak sabar untuk bekerja dengannya," ucapnya pada 5 Juli.

Kedua sosok ini awalnya tergabung di Everton dan Moyes memberi Rooney debut tim pertamanya saat sang pemain masih berusia 16 tahun pada Agustus 2002. Ia kemudian melakukan debut timnasnya pada tahun berikutnya, untuk menjadi pemain termuda Inggris sepanjang sejarah.

Rooney bergabung dengan United dengan biaya transfer sebesar 27 juta pound pada Agustus 2004, dan telah melakukan 402 penampilan untuk klub itu.

Ia menduduki peringkat keempat di daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 197 gol, hanya tertinggal dari Bobby Charlton, Denis Law, dan Jack Rowley. Rooney juga merupakan bagian dari tim-tim yang memenangi lima gelar liga, satu gelar Liga Champions, dan dua trofi Piala Liga, namun segala torehannya itu belakangan mendapat hantaman.

Indikasi nyata bahwa ia telah mengalami penurunan nilai di mata Ferguson terlihat pada musim lalu, ketika ia dibangku cadangkan saat United memainkan pertandingan vital di babak 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid di Old Trafford pada Maret.

Dua bulan kemudian, Rooney tidak dimasukkan dalam tim pada pertandingan kandang terakhir Ferguson sebagai pelatih United saat melawan Swansea City, dan setelah pertandingan Ferguson mengungkapkan bahwa Rooney "tidak berniat untuk bermain" dan "minta ditransfer."

Permohonan transfer itu tidak dikabulkan tiga tahun silam, dan meski ia kemungkinan sekarang akan benar-benar hengkang, masa depannya masih belum jelas, demikian Reuters.

(H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013