Jakarta (ANTARA News) - Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum, Bambang Goeritno mengungkapkan Jalan Lintas Tengah Pulau Jawa mulai dari Yogyakarta--Solo--Madiun--Mojokerto--Surabaya dalam kondisi baik dan siap dilewati pemudik Lebaran.

"Secara umum jalan Lintas Tengah Jawa dari Yogyakarta sampai Surabaya siap untuk dilalui para pemudik, meskipun ada beberapa penanganan yang masih dilakukan," katanya seperti dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum (www.pu.go.id).

Ia mencontohkan seperti pekerjaan penanganan ruas Palur--Batas Sragen sedang dikerjakan pelebaran pada lapisan ATB.

Kemudian, ada perkerasan sampai dengan perkerasan rigid di jalan Lingkar Utara Sragen sejauh 1 km dari target pekerjaan 1,8 km.

"Diprediksi H-10 ruas tersebut fungsional dilewati dengan dua lajur," tambahnya.

Untuk ruas batas Kota Madiun--Caruban, perataan jalan telah dikerjakan sehingga H-10 Lebaran ruas ini dapat dilewati para pemudik.

Sementara itu, Kepala Satker Balai Pelaksanaan Jalan Nasional V Wilayah DIY, Heru Prayogo mengungkapkan jembatan layang (fly over) Jombor di Sleman, Provinsi DI Yogyakarta sudah 80 persen.

"Dalam rangka menghadapi lebaran tahun 2013, simpang empat Jombor akan dilakukan uji coba open traffic pada H-20 Lebaran," jelas Heru.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013